2016-06-01

Khasiat Lada Hitam Bagi Kesehatan serta Keperkasaan Pria

Khasiat Lada Hitam Bagi Kesehatan Serta Keperkasaan Pria
Lada
Lada, disebut juga Merica/Sahang, yang mempunyai nama Latin Piper Albi Linn adalah sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Tanaman ini sudah mulai ditemukan dan
dikenal sejak puluhan abad yang lalu. Pada umumnya orang-orang hanya mengenal lada putih dan lada hitam yang mana sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Tanaman ini merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia dan lebih dari 80% hasil lada Indonesia diekspor ke negara
luar. Selain itu, lada mempunyai sebutan The King of Spice (Raja Rempah-Rempah) yang mana kebutuhan lada di dunia tahun 2000 mencapai 280.000 ton. Lada adalah salah satu tanaman yang berkembang biak dengan biji, namun banyak para petani lebih memilih melakukan penyetekkan untuk mengembangkannya. Mereka memotong batangnya kira-kira dengan panjang 0,25-0,5 meter.
( sumber : id.wikipedia.org )



Lada hitam merupakan jenis rempah-rempah spesial yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Lada adalah tanaman asli dari hutan hujan tropis dinegara India Selatan, Kerala, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.
Lada adalah salah satu tanaman dari keluarga Piperaceae dari genus piper, dengan sebutan ilmiah Piper nigrum L. Lada adalah tanaman merambat, yang memiliki buah berbentuk kecil dan bulat. Buah lada adalah buah berbiji tunggal, dan berukuran sekitar 5 mm.
Beberapa macam warna lada yang ada di pasar sebenarnya adalah dari buah yang sama, dengan perbedaan dalam hal kematangan atau  metode pengolahan tertentu. Pada umumnya, lada dipanen saat masih setengah matang, kemudian akan berubah menjadi merah. Kemudian lada dijemur dibawah paparan sinar matahari hingga kering , yang akhirnya akan mengerut dan berubah warna menjadi hitam. Sedangkan lada putih diambil saat buah sudah masak,  kemudian direndam didalam air garam untuk menghilangkan kulit luar yang gelap, dan akhirnya yang tinggal hanya warna putih biji merica .

Lada hitam memiliki rasa pedas yang kuat, karena minyak atsiri seperti piperin. Minyak atsiri akan menguap jika ditaruh di udara terbuka dalam waktu yang lama.
Merica yang tumbuh dihutan hujan terutama Indonesia memang mirip dengan lada hitam, namun memiliki perbedaan karakteristik pada tangkainya. Serta memiliki rasa yang khas dan kaya minyak esensial seperti monoterpen dan cubebene.

Manfaat lada Hitam bagi kesehatan
Khasiat Lada Hitam Bagi Kesehatan Serta Keperkasaan Pria
Lada

Lada termasuk dalam daftar tanaman yang memiliki kandungan senyawa kimia yang mengesankan, dan diketahui memiliki manfaat pencegahan penyakit dan mendukung kesehatan. Lada telah lama dipergunakan sebagai bahan pengobatan, karena sifatnya yang anti inflamasi, karminatif, serta anti kembung.

Mengandung Minyak Esensial

Lada hitam memiliki manfaat kesehatan dengan adanya kandungan minyak esensial seperti piperine, amina alkaloid, yang memberikan rasa pedas pada lada. Selain itu juga mengandung berbagai monoterpen hidrokarbon seperti sabinene, pinene, terpenene, limonene, mercene, dll, yang menghasilkan aroma lada.

Membantu Pencernaan

Adanya berbagai zat aktif yang disebutkan di atas pada lada dapat meningkatkan motilitas usus, serta membantu memperkuat pencernaan dengan jalan meningkatkan sekresi enzim pencernaan. Juga ditemukan bahwa piperin dalam lada dapat membantu meningkatkan penyerapan selenium, vitamin B-kompleks, beta-karoten, serta nutrisi lain dari makanan. Lada hitam membantu dalam pencernaan karena isi piperine dari lada hitam merangsang sinyal dari perut agar dapat memproduksi asam klorida. Asam ini adalah asam yang sangat penting untuk mencerna protein dan makanan lainnya yang telah berada di dalam perut. Ketika ada makanan yang tidak tercerna dengan baik maka akan menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan, diare, sembelit dan keasaman pada tubuh. Asam klorida yang mengalami kelebihan akan disekresikan. Untuk membantu pencernaan, tambahkan satu sendok teh atau lebih bubuk merica segar saat memasak makanan ( tergantung dari jumlah porsi makanan yang sedang dimasak ) . Selain akan menambah cita rasa makanan, juga akan memelihara perut agar tetap sehat.

Sebagai Sumber Mineral Penting

Merica hitam mengandung mineral dalam jumlah yang banyak, seperti kalium, kalsium, seng, mangan, besi, dan magnesium. Kalium merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh yang berfungsi untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan tubuh untuk bekerjasama dengan enzim antioksidan, superoksida dismutase. Zat Besi sangat penting untuk respirasi sel dan produksi sel darah.

Sumber vitamin dan Antioksidan
Lada hitam juga sebagai sumber yang sangat baik dari kelompok vitamin B kompleks penting,  seperti piridoksin, riboflavin, thiamin dan niacin. Lada hitam juga mengandung Vitamin C, Vitamin A, flavonoid, karoten dan anti oksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya dan melindungi tubuh dari kanker dan beberapa penyakit lainnya. Studi-studi lain juga menyarankan penggunaan lada dalam mencegah perkembangan kanker kulit, kanker usus dan kanker usus besar. Cara mengkonsumsinya adalah dengan menambahkan satu sendok teh bubuk merica kedalam makanan sehari sekali. Akan lebih baik lagi jika dikonsumsi saat baru digiling / ditumbuk.
Lada juga merupakan sumber anti oksidan dari vitamin, seperti vitamin C dan vitamin A . Disamping itu, lada hitam juga kaya akan antioksidan polifenol flavonoid , seperti karoten, cryptoxanthin, zea-xanthin dan likopen. Senyawa-senyawa ini akan membantu tubuh untuk menghilangkan radikal bebas berbahaya serta membantu melindungi tubuh dari kanker. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan Pusat Kanker, lada hitam dapat mencegah perkembangan tumor kanker payudara. Mereka menemukan bahwa kandungan piperine dalam lada hitam memberikan peran penting dalam mencegah kanker. Jika penggunaannya dikombinasikan dengan kunyit yang juga memiliki kemampuan antikanker maka  efek yang dihasilkan akan semakin tinggi.


Membantu Mengurangi Gas Yang Disebabkan Karena Perut Kembung
Akibat adanya zat dengan sifat karminatifnya yaitu zat yang dapat mencegah terjadinya pembentukan gas. Lada hitam dapat membantu meringankan rasa tidak nyaman yang disebabkan karena perut kembung dan nyeri atau yang biasa disebut juga dengan kolik. Menambahkan bubuk merica pada makanan akan membantu meredakan perut kembung.

Lada Hitam Membantu Melegakan Hidung Tersumbat
Lada hitam dapat berfungsi untuk membersihkan saluran hidung yang tersumbat dan mengurangi batuk karena sifat antibakteri pada lada hitam adalah obat alami yang efektif untuk menyembuhkan pilek dan batuk. Rasa hangat dan pedas lada hitam dapat membantu mengencerkan dahak dan melegakan hidung tersumbat. Cukup dengan menambahkan bubuk lada hitam pada semangkuk sup panas, mampu melegakan hidung tersumbat dan meredakan batuk.

Lada hitam Membantu Program Menurunkan Berat Badan
Hal ini disebabkan karena lada hitam dapat membantu asimilasi yang tepat (dalam mengekstraksi semua nutrisi)
makanan. Lapisan luar lada hitam yang mengandung fitonutrien yang kuat juga dapat merangsang pemecahan sel-sel lemak, yang mana akan menyebabkan keringat dan buang air kecil,yang tentunya sangat bagus untuk menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semua proses ini secara bersama-sama akan membantu dalam proses penurunan berat badan. Cukup taburkan bubuk lada hitam pada makanan dalam jumlah yang secukupnya dan jangan berlebihan untuk melakukan program penurunan berat badan dengan menggunakan lada hitam.


Lada Hitam Membantu Penyerapan Nutrisi Tubuh Lebih Efisien dan Bersifat Antidepresan Bagi Tubuh

Lada hitam dikenal memiliki sifat yang membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. The Journal of Food and Chemical Toxicology melaporkan bahwa piperin, suatu senyawa dalam lada hitam dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan membantu menurunkan depresi. Menambahkannya ke dalam makanan sehari-hari atau sebagai bumbu dalam bentuk apapun, akan dapat membantu mengurangi perasaan tertekan.

Lada Hitam Dapat Membantu Mengatasi Masalah Anoreksia
Lada hitam telah diketahui mampu meningkatkan fungsi pencernaan dan merangsang selera makan, sehingga bermanfaat bagi orang yang mengalamai masalah anoreksia, yaitu sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang, dengan membantu mereka untuk mendapatkan kembali nafsu makan mereka.

Lada hitam sebagai anti ketombe
Adasnya sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dimiliki, lada hitam dapat menyingkirkan ketombe. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok teh lada hitam yang telah dihancurkan bersama dengan secangkir plain yhogurt kemudian dioleskan pada kulit kepala. Diamkan sekitar setengah jam kemudian bilas dengan air bersih, setelah benar-benar bersih kemudian keramas dengan sampo. Jika terlalu banyak dalam menggunakan bubuk lada, bisa menyebabkan rasa panas terbakar pada kulit kepala, jadi gunakan secukupnya saja.


Lada Hitam Bisa Digunakan Sebagai Bahan Scrub
Ketika lada dihaluskan dan ditambahkan ke dalam scrub wajah  lada hitam dapat bertindak sebagai exfoliant yang berguna untuk membantu mengelupas kulit mati, merangsang sirkulasi dan membantu mensuplai lebih banyak oksigen dan nutrisi pada kulit. Sifat antibakteri dan anti inflamasi akan membantu dan menjaga kulit dari infeksi seperti jerawat.

Lada Hitam Untuk Membantu Meningkatkan Libido dan Menambah Keperkasaan Pria
Gangguan libido merupakan masalah penting dalam kehidupan seseorang, sehingga banyak inovasi yang dilakukan untuk mengatasi nya, antara lain dengan pengobatan modern terapi hormon testosteron.
Namun, pengobatan tersebut memiliki beberapa efek samping terutama pada lansia dan dosis suprafisiologis
menyebabkan penyakit kardiovaskuler, hipertensi, sleep apnea, benign prostatic  hyperplasia, bahkan kanker prostat (Wespes dan Schulman, 2002).  Adanya efek samping dari pengobatan tersebut, banyak orang mulai
beralih ke pengobatan tradisional, yaitu dengan menggunakan tanaman yang berkhasiat afrodisiak.  Afrodisiak
adalah bahan yang berfungsi sebagai perangsang untuk meningkatkan libido. 

Salah satu jenis tanaman rempah yang telah lama digunakan sebagai ramuan obat tradisional dalam sistem pengobatan India kuno Ayurveda adalah lada hitam (Piper nigrum L). 
Lada hitam merupakan salah satu jenis rempah yang paling popular di dunia dengan porsi mencapai 35% dari
total perdagangan rempah dunia (Majeed dan Prakash, 2000).
Telah banyak dilakukan kajian terhadap kandungan kimia lada hitam menunjukkan bahwa tanaman
mengandung bahan aktif alkaloid piperin yang berkhasiat sebagai obat analgesik, antipiretik, anti-inflamasi, serta memperlancar proses pencernaan (Meghwal dan Goswami, 2012).  Menurut kepercayaan India kuno,
zat pedas (piperin) pada lada hitam juga berfungsi sebagai afrodisiak (Darling, 2002).
Berdasarkan penelitian, tanaman yang berkhasiat sebagai afrodisiak
mengandung senyawa-senyawa turunan saponin, alkaloid, tannin, dan senyawa lain yang secara fisiologis dapat memperlancar peredaran darah .  Senyawa dalam tanaman yang efektif sebagai afrodisiak juga dapat diketahui
melalui mekanisme peningkatan kadar hormon gonadotropin, androgen, dan Nitric Oxide (Mills et al., 1996).
Buah lada hitam mengandung alkaloid piperin yang berkhasiat meningkatkan penyerapan oksigenpada kaki belakang serta memperlancar sirkulasi darah menuju alat genital tikus jantan.
Reaksi ini yang digunakan sebagai petunjuk reaksi termogenik dan vasodilatasi dari piperin (Eldershaw et al., 1994).  Piperin juga dapat meningkatkan kadar hormon gonadotropin dalam serum dengan cara menghambat
feedback negatif ke pituitari anterior pada tikus jantan (D’Cruz dan Mathur, 1999). 
Ketika digunakan dalam jangka panjang dan dosis yang tinggi, piperin dapat menurunkan fungsi testis dan mengganggu lingkungan epididimis.  Piperin murni dengan dosis 10 mg/kg bb (berat badan) tikus jantan
selama 30 hari dapat meningkatkan kadar hormon gonadotropin dalam serum, tetapi merusak tubulus seminiferus, dan memperkecil ukuran diameter nukleus sel-sel Leydig (Malini et al., 1999) serta menurunkan jumlah dan motilitas sperma dalam epididimis pada tikus jantan (D’Cruz dan Mathur, 2005).
Penelitian yang dilakukan Mbongue et al.(2005), yaitu dengan pemberian ekstrak air Piper guineense dengan zat aktifnya piperin sebanyak 122,5 dan 245 mg/kg bb tikus jantan selama 8 hari berdampak positif pada fungsi reproduksi karena merangsang sekresi testis, epididimis, dan vesikula seminalis.
Namun , penggunaan ekstrak air Piper guineense 122,5 mg/kg bb selama 55 hari memberikan dampak negatif
 terhadap kesuburan tikus jantan . Berdasarkan penelitian Kamtchouing et al .(2002) telah diketahui bahwa
pemberian ekstrak air Piper guineense sebanyak 122,5 mg/kg bb tikus jantan selama 8 hari menunjukkan efek menstimulasi perilaku seksual tikus jantan dewasa, yaitu dengan mempersingkat latensi mounting (penunggangan) dan latensi intromission (kopulasi) serta meningkatkan frekuensi mounting.  Piperin yang berasal dari buah cabe jawa (Piper retrofractum) juga menunjukkan efek afrodisiak.  Penelitian yang dilakukan Muslichah (2011) menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol cabe jawa 1,6 mg/kg bb peroral sekali sehari
dilakukan selama 27 hari meningkatkan frekuensi introducing (percumbuan) dan mounting (penunggangan) tikus jantan.
Berdasarkan fakta-fakta tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui apakah piperin yang berasal dari lada hitam (Piper nigrum L.) berperan dalam meningkatkan libido mencit (Mus muculus L) jantan melalui latensi percumbuan, latensi penunggangan , dan frekuensi penunggangan.
 ( Sumber: digilib.unila.ac.id/1961/6/BAB I.pdf  )

Berikut ramuan dari Lada Hitam untuk meningkatkan Libido serta menambah kejantanan pria

Bahan :

 1.  8 gr kering Lada Hitam
 2.  8 gram Kencur  kering atau 20 gram segar
 3.  10 gr Tapak liman kering atau 30 gr segar
 4.  10 gr Barucina  kering atau 30 gr segar
 5.   Madu 2 sendok makan
 6.   Kuning telur ayam kampong 1 butir

Cara Pembuatan :

 1. Kencur dikupas, dimemarkan, dicuci bersih bersama bahan-bahan yang lain (kecuali
    madu dan telur)
 2. Lalu direbus dengan 1 liter air hingga air rebusannya tersisa tinggal setengahnya
 3. Angkat, dinginkan dan disaring, setelah itu dibagi menjadi 3 bagian


Cara Konsumsi :

Ramuan ini diminum pagi, siang dan sore. Sebelum diminum campurkan madu dan kuning
telur dan diaduk rata.


Efek Samping Lada Hitam

Selain manfaat yang kita peroleh dari Lada hitam, ada beberapa efek samping yang diakibatkan oleh penggunaan lada hitam ini, antara lain :

1. Dapat membuat sensasi terbakar didalam perut juga pada kulit luar dan mata

Dengan sifat lada hitam yang panas, maka penggunaannya harus dibatasi. Dalam beberapa kasus terlalu sering menggunakan lada hitam dapat menyebabkan sensasi atau perasaan terbakar parah di perut. Namun sensasi terbakar bersifat sementara. Selain pada perut lada juga menciptakan sensasi terbakar pada kulit dan mata. Hindari menggunakan lada langsung pada kulit jika masuk ke mata hal itu dapat menyebabkan panas dan kemerahan, baik pada kulit dan mata.

2. Dapat menyebabkan kematian

Namun merupakan kasus yang paling langka dari kasus yang jarang terjadi. Tetapi jika lada dikonsumsi langsung, bisa masuk keparu-paru dan menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak. Sehingga
disarankan untuk makan lada hitam dengan mencampurnya dengan makanan.

3. Lada kontraindikasi dengan obat tertentu
Pasien yang memakai siklosporin A, kolinergik, digoxin, dan sitokrom P450 harus menghindari dalam mengkonsumsi lada hitam.

4. Dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal pada orang yang sakit pencernaan

Lada hitam dapat mengganggu perut atau menyebabkan masalah pencernaan, sehingga pasien yang menderita gangguan pencernaan harus menghindari konsumsi lada hitam.

5. Lada dapat menyebabkan iritasi

Dalam beberapa kasus asupan lada hitam dapat menyebabkan iritasi kulit dengan gejala seperti gatal-gatal, bengkak, dan kemerahan pada kulit.

6. Lada dapat membuat kesulitan selama kehamilan dan menyusui
Jika sedang hamil, tubuh akan sensitif terhadap rempah-rempah. Menambahkan lada dalam hidangan dengan jumlah yang sedikit mungkin masih bisa ditoleransi oleh tubuh. Karena rasa panas dan pedas dari lada dapatditransfer ke dalam ASI, maka bagi ibu yang sedang menyusui tidak dianjurkan mengkonsumsi lada hitam.

7. Lada dapat meningkatkan tingkat kekeringan pada kulit

Lada hitam sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah besar karena dapat mengeringkan kulit. Jika memiliki kulit kering, terlalu banyak lada hitam ini tentunya akan membuat kulit semakin kering.

8. Jangan banyak dikonsumsi saat musim panas
Saat musim panas yang panas, jangan menambahkan lada terlalu banyak karena dapat meningkatkan panas tubuh dan bahkan bisa menyebabkan hidung berdarah. Jadi menghindari lada dahulu selama bulan-bulan musim panas.

 Demikian ulasan tentang beberapa manfaat dari lada hitam berikut dengan efek negatif yang ditimbulkan, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

( sumber : id.wikipedia.org,  digilib.unila.ac.id/1961/6/BAB I.pdf  dan beberapa sumber lainnya







No comments:

Post a Comment

Manfaat Pisang Untuk Meningkatkan Kualitas Seks Pria

 Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikenal di dunia. Dikenal dengan bentuknya yang khas, warna yang cerah, dan rasa yang...