2016-02-17

Hebatnya Khasiat Acar Bawang Putih Bagi Kesehatan



Hebatnya Khasiat Acar Bawang Putih Bagi Kesehatan
Acar Bawang Putih
Hebatnya Khasiat Acar Bawang Putih Bagi Kesehatan
Bawang Putih
Hampir bisa dipastikan bahwa disetiap rumah pasti ada persediaan bawang putih, karena selama ini bawang putih digunakan sebagai salah satu bumbu utama dalam setiap masakan yang mempengaruhi aroma dan cita rasa suatu masakan.

Disamping sebagai salah satu bumbu utama, bawang putih juga mempunyai khasiat

sebagai salah satu obat tradisional untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit mulai dari penyakit yang ringan hingga penyait berat seperti kanker, jantung dan sebagainya. Karena kandungan minyak atsiri yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septic,  allicin dan aliin yang bermanfaat sebagai daya anti kolesterol untuk mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dll

Umbi  bawang putih mengandung senyawa kimia yang cukup banyak, diantaranya :

1.         Kalsium yang bersifat menenangkan, cocok sebagai pencegah hipertensi
2.         Saltivine yang bermanfaat untuk  mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel syaraf
3.         Diallysulfide, alilpropil-disulfida yang berkhasiat sebagai anti cacing.
4.         Belerang
5.         Protein
6.         Lemak
7.         Fosfor
8.         Besi
9.         Vitamin A, B1 dan C.

Perkiraan  kandungan Bawang Putih per 100gramnya:

    Vitamin B1 : 0.22 mg
    Vitamin C : 15 mg
    Protein : 4.5 gram
    Fosfor : 135 mg
    Kalsium : 42 mg
    Zat besi : 1 mg
     Lemak : 0.20 gram
    Karbohidrat : 23.10 gram
    Kalori : 95 kal

     Sisanya , Air : 71 gram

Senyawa aktif lainnya yang terdapat pada bawang putih adalah awcin, awn, enzim alinase, germanium, sativine, sinistrine, selenium, scordinin, nicotinic acid.


Namun tidak dapat dipungkiri, banyak sekali diantara kita yang tidak bisa mengkonsumsi bawang putih secara langsung, dikarenakan baunya yang tajam yang bisa menyebabkan bau mulut dan bau keringat  serta rasanya yang getir pedas menyengat. Bagi yang kurang suka mengkonsumsi langsung secara mentah, ada alternative lain untuk bisa menikmatinya serta mendapatkan manfaat yang ada dalam bawang putih tersebut, caranya yaitu dengan diolah sebagai acar bawang putih, yang tentunya akan membuat rasa serta bau bawang putih tersebut menjadi lebih enak.

Bahan serta proses pembuatannya adalah sebagai berikut :

Bahan-bahan :

    500 gr bawang putih atau lebih, bisa disesuaikan dengan jumlah kebutuhan
    1 – 2 sendok makan gula pasir
    1 – 2 sendok teh garam
    3 sendok makan cuka
    250 ml air bersih



Resep Sehat Proses Pembuatan Acar Bawang Putih :


    Campurkan bawang putih dengan garam, kemudian aduk hingga rata kemudian simpan dalam toples dan tutup rapat.
    Rebus air sebanya 250 ml bersama dengan gula, setelah gula tersebut larut dengan air, masukkan cuka serta aduk hingga merata tunggu hingga mendidih.
    Angkat air rebusan yang telah dicampur dengan gula dan cuka tersebut dan dinginkan.
    Setelah dingin,tuangkan air  hasil rebusan gula, air dan cuka tersebut ke dalam toples yang berisi bawang putih, tutup rapat-rapat, diamkan selama 2 – 3 hari untuk membuat acar menjadi lebih sempurna.
    Acar sudah siap dikonsumsi.

                             Manfaat Mengkonsumsi Acar Bawang Putih

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika kita mengkonsumsi acar bawang putih secara teratur, dan sebagian manfaat resep sehat dari acar bawang putih tersebut adalah sebagai berikut:


Bisa Digunakan Sebagai Lauk atau Camilan Sehat

Dari proses pembuatan serta bahan-bahan tambahan yang digunakan dalam pembuatannya, acar bawang putih tersebut akan memiliki cita rasa yang unik, perpaduan manis, asam dan asin dan terasa menyegarkan.


Sebagai Obat Tradisional Anti kanker

Karena bawang putih mengandung antioksidan, maka acar bawang putih ini berkhasiat untuk menangkal radikal bebas serta mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh kita.


Sebagai Aphrodisiak ( Peningkat Libido )
Berbagai Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam bawang putih mampu meningkatkan sirkulasi darah, yang secara langsung ataupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap kemampuan ereksi pada pria.


Mengendalikan Kadar Gula Dalam darah

Kadar gula dalam darah yang tidak terkontrol merupakan pemicu penyakit Diabetes, kemampuan bawang putih dalam mengendalikan kadar gula darah tersebut akan menurunkan resiko terkena penyakit gula darah atau diabetes, bahkan mampu menurunkan kadar gula secara signifikan bagi penderita diabetes.


Mencegah Hipertensi Serta Menurunkan Kadar Kolesterol
Karena bawang putih mengandung sejumlah kecil selenium  dan germanium. Selenium dalam bawang putih  membantu  mencegah pembekuan darah abnormal serta menormalkan  tekanan darah. Bawang putih juga kaya  akan magnesium dan fosfor. Selain itu juga bawang putih  mengandung adenosin, allicin dan belerang senyawa, yang  membantu dalam pelebaran arteri yang berakibat dapat mengurangi  tekanan darah. Beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa efek bawang putih  menunjukkan pengurangan angka tekanan darah atas (sistolik)  sebanyak 5-8 mmHg dan menurunkan tekanan darah bawah  (diastolik), walaupun angka penurunan tersebut tidak terlalu besar.  Beberapa studi juga menunjukkan bahwa bawang putih juga dapat menurunkan LDL, dan meningkatkan HDL  (kolesterol baik).


Mencegah Penuaan Dini ( Anti Aging )

Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antioksidan yang terdapat di dalam bawang putih yang salah satu manfaatnya adalah menghambat proses penuaan dini yang merupakan salah satu hal yang sangat ditakuti terutama oleh para wanita.


Membantu Memberikan Efek Menenangkan
Terutama bagi penderita hipertensi, efek menenangkan yang dimiliki oleh bawang putih disebabkan adanya mineral kalsium yang terkandung didalamnya. Hal ini selain bisa membantu menurunkan tekanan darah, dapat juga membuat kita menjadi lebih tenang dan tidak cepat naik darah.


Membantu Mempercepat Pertumbuhan Sel dan Syaraf
Adanya kandungan Saltivine yang bermanfaat untuk  mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel syaraf, bawang putih sangat membantu mempercepat proses tersebut serta senyawa alil yang banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.  baik untuk memperbaiki jaringan – jaringan tubuh yang  mengalami kerusakan, sehingga dapat berfungsi secara normal kembali.


Mencegah Kekurangan Darah ( Anemia )

Kandungan zat besi yang terdapat pada bawang putih sangat baik bagi penderita gejala – gejala kekurangan darah atau anemia.


Mengatasi Keracunan

Bawang putih mengandung Antidioksida yang mampu membantu menyingkirkan racun yang ada didalam tubuh ( Sebagai Detox ).


Bermanfaat Bagi Kesehatan Tulang

Karena bawang putih memiliki kandungan kalsium yang  merupakan salah satu jenis mineral yang sangat baik untuk kesehatan tulang kita. Kalsium dapat mencegah berbagai macam gangguan pada tulang, antara lain : Osteoporosis, Kelainan Pertumbuhan Tulang dan sebagainya.


Mencegah Serta Mengurangi Gejala Rematik
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari King College and University of East Angelia di Inggris didanai oleh Arthritis Research Britain membuktikan bahwa  wanita yang makan bawang putih jarang terkena osteoartritis. Penelitian ini melibatkan sekitar 1.000 wanita yang tidak pernah terkena osteoartritis. Pemeriksaan rontgen menunjukkan, wanita yang makan bawang putih memiliki struktur tulang yang lebih baik. Pemilik tulang dan sendi yang sehat berisiko lebih rendah mengalami osteoartritis di kemudian hari. Para peneliti juga mengatakan, kandungan senyawa disulfida Dialil dalam  bawang putih dapat mencegah kerusakan sendi. Seperti dilansir HealthDay, senyawa tersebut menghambat pelepasan enzim yang merusak tulang rawan yang membungkus di sekitar sendi.


Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh ( Stamina )


Bawang putih memiliki kandungan vitamin C  serta antioksidan. Kedua kandungan ini memiliki efek yang sangat baik untuk menjaga stamina, dan  mampu mencegah tubuh dari terserang berbagai macam penyakit.

Menyembuhkan penyakit wasir

Sebelum di obati dengan bawang putih, terlebih dahulu harus mengetahui penyebab dari wasir itu sendiri. Karena dengan mengetahui penyebabnya lebih mudah menanganinya. Ada beberapa hal yang membuat wasir datang menganggu kesehatan tubuh yakni:

·      Terlampau lama duduk, karena melakukan aktivitas dengan berjam-jam dalam posisi duduk membuat terjadi pelebaran pada anus.

    Diare yang berkepanjangan

·         Terlalu sering buang air ( BAB ) mengakibatkan kekurangan cairan dan berpengaruh pada anus. Jika tidak ada lagi cairan yang di butuhkan tubuh, pelumas yang berasal dari air dan serat yang di makan akan habis sehingga terlampau sering buang air besar beresiko terkena wasir.

    Sulit BAB setiap hari
    Pola makan yang tidak sehat sehingga menyebabkan kurang serang dan sembelit
    Sering mengangkat benda yang berat

Setelah diketahui penyebabnya, kita bisa mengobati penyakit wasir tersebut dengan  pengobatan baik dari luar maupun dari dalam. Untuk pengobatan dari luar, bawang putih tersebut ditumbuk kemudian campur dengan sedikit air dan diperas. Air perasan bawang putih inilah yang dimanfaatkan untuk mengobati wasir dengan cara dioleskan pada bagian anus setiap hari. Jika rutin dilakukan, insyaallah wasir akan cepat hilang dan tidak bengkak lagi. Serta jangan lupa dengan pengobatan dari dalam yaitu dengan konsumsi air putih yang cukup agar tubuh lebih banyak cairan sehingga metabolisme tubuh lebih terjaga dan kebutuhan cairan yang sangat diperlukan tubuh untuk mengobati wasir ini bisa cepat dirasakan.


Memperlancar Sirkulasi Darah

Kandungan besi dan juga beberapa vitamin pada bawang putih memberikan manfaat yang luar biasa dalam memperlancar peredaran darah. Hal ini akan menyebabkan suplai darah dan juga oksigen ke seluruh organ tubuh menjadi lebih cepat serta optimal.


Menyembuhkan Jerawat Yang Membandel
Karena memiliki anti oksidan yang mampu membunuh bakteri, bawang putih juga bisa membasmi jerawat di wajah, caranya yaitu gosokkan bawang putih perlahan-lahan ke bagian jerawat dengan rutin hingga jerawat berkurang atau menghilang.


Sebagai Obat Flu Dan Batuk

Kandungan alami vitamin C, antioksidan, dan sifatnya sebagai antiseptic serta antibakterti ini membuat bawang putih sangat baik untuk mengobati penyakit flu dan batuk yang disebabkan oleh bakteri dan kuman.


Sebagai Antibakteri dan Antiseptic

Secara  alami bawang putih memiliki kandungan antibakteri dan antiseptic sehingga bawang putih mampu menangkal berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman dan bakteri.


Penyubur Rambut
Kandungan alicin yang tinggi yang ada pada bawang putih dipercaya dapat mengatasi masalah pada rambut rontok. Caranya yaitu gosokkan irisan bawang putih ke kulit kepala dan pijat hingga merata.


Menyembuhkan luka

Sejak jaman dahulu, masyarakat sudah  sering menggunakan bawang sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan luka-luka, dengan cara menaruh bawang yang sudah ditumbuk halus di atas luka tersebut dan dibalut dengan perban, ini berkat antioksidan, antiseptic serta antibakteri yang terkandung didalamnya.


 Menghilangkan gatal karena jamur

 Rendam bagian tubuh yang terserang jamur kedalam air hangat yang dicampur dengan  cincangan bawang putih, bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh jamur.


Membantu Menurunkan Kadar Stress Dan Depresi
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, acar bawang putih mampu memberikan efek relaksasi bagi tubuh. Hal ini dapat membantu dalam menurunkan kadar dan tingkatan stress atau depresi yang diderita.


Demikian sebagian manfaat dari bawang putih yang bisa dikonsumsi sebagai acar untuk mengurangi efek rasa yang tidak enak serta bau yang menyengat. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua.


( Sumber : dirangkum dari berbagai sumber )


No comments:

Post a Comment

Manfaat Pisang Untuk Meningkatkan Kualitas Seks Pria

 Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikenal di dunia. Dikenal dengan bentuknya yang khas, warna yang cerah, dan rasa yang...