2016-02-16

Khasiat Rebung Bagi Kesehatan



Resep Sehat Rebung Bagi Kesehatan
Rebung









  • Resep Sehat Rebung Bagi Kesehatan
    Pohon Bambu
    Rebung merupakan tunas muda calon bambu yang sangat kaya akan nutrisi yang tumbuh tepat disamping tanaman bambu dan banyak terdapat di berbagai wilayah Asia serta khususnya di Indonesia. Siapa yang menyangka bahwa tanaman yang sangat mudah didapat ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat
    yang sangat berguna bagi kesehatan kita. Bangsa China sendiri sejak lebih dari 2.500 tahun yang lalu telah memanfaatkannya sebagai salah satu menu masakan yang tidak hanya lezat, tetapi juga bagus untuk kesehatan, sedangkan bagi masyarakat Jepang, rebung juga disebut sebagai "Raja Sayuran Hutan ".
    Rebung yang telah direbus dengan baik, pada umumnya dapat diterima oleh pencernaan, dan sangat jarang terjadi kasus alergi akbiat dari mengkonsumsi rebung ini.
     
    Resep Sehat Rebung Bagi Kesehatan
    Rebung
    Adapun kandungan nutrisi utama yang terdapat dalam rebung yaitu protein, asam amino, lemak, gula dan garam anorganik. Kandungan protein dalam rebung yaitu antara 1,49 dan 4,04 gram (rata-rata 2.65g) per 100g rebung segar. Rebung menghasilkan delapan protein penting dan dua asam amino semi esensial. Kandungan lemak dalam rebung relatif rendah, hanya sekitar 0,26-0,94% saja,  rebung  juga sangat kaya akan asam lemak esensial. Kadar gula dalam rebung rata-rata berkisar 2,5% lebih rendah dibanding sayuran lainnya. Kandungan air dalam rebung mencapai sekitar 90%. 
    Jadi bisa disimpulkan bahwa :

    Resep Sehat Rebung Bagi Kesehatan
    Tunas Rebung

    1. Rebung rendah gula – kandungan gula yang ditemukan dalam rebung hanya sekitar 2,5 gram per 100 gramnya. Hal ini berarti bahwa kandungan gula dalam rebung lebih rendah dari jumlah gula yang ditemukan dalam buah-buahan maupun sayuran yang lain.

    2. Rebung rendah lemak – Dalam setiap 100 gram rebung mengandung kurang dari 0.49 gram lemak. Lemak ini terdiri dari lemak jenuh dan tak jenuh. Lemak tak jenuh berguna untuk mengontrol penyebaran kolesterol jahat LDL seluruh tubuh.

    3. Rebung  rendah kalori – Dalam 100 gram rebung mengandung hanya sekitar 20 kalori. Kandungan karbohidrat yang ditemukan dalam rebung tidak lebih dari 3-4 gram.

    4. Rebung merupakan Sumber protein – Dalam 100 gram rebung mengandung sekitar 2 hingga 2,5 gram protein. Protein yang ditemukan dalam rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi esensial.
     
    5. Rebung mengandung selulosa – Kandungan selulosa yang tinggi dalam manfaat rebung dapat merangsang nafsu makan.

    6. Rebung kaya serat – Kandungan serat yang ditemukan dalam rebung terhitung sangat tinggi, yaitu dalam 100 gram rebung terkandung   6 hingga 8 gram serat alami.


    7.  Rebung merupakan sumber vitamin dan Mineral –Kandungan yang terdapat dalam tiap 100 gram rebung yaitu :
    • Vitamin  A sebanyak 20 IU (1%)
    • Vitamin B6 sebanyak 0.240 mg (12%)
    • Vitamin E sebanyak 1 mg (5%)
    • Thiamin sebanyak 0.150 mg (10%)
    • Riboflavin sebanyak 0.070 mg (5%)
    • Niasin sebanyak 0.600 mg (4%)
    • Asam folat sebanyak 7 µg (7%)
    • Asam pantotenat sebanyak 0.161 mg (3%)
    • Mineral yang ditemukan di rebung termasuk kalsium sebanyak 13 mg (1.5%)
    • Magnesium sebanyak 3 mg (1%)
    • Fosfor sebanyak 59 mg (8%)
    • Zinc sebanyak 1.10 mg (10%)
    • Tembaga sebanyak
    • Mangan 0.262 mg (11%)
    • Selenium  8 µg (1.5%0
    • Zat besi sebanyak 0.50 mg (6%)
    Khasiat Rebung Bagi Kesehatan
    Resep Sehat Rebung Bagi Kesehatan
    Rebung
    Dengan kandungan-kandungan nutrisi, vitamin serta mineral yang telah disebutkan diatas,  mengkonsumsi rebung dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh, resep sehat manfaat rebung yaitu :

    1. Menurunkan resiko kanker
    Beberapa studi penelitian yang dilakukan pada rebung menunjukkan bahwa daun rebung memiliki kandungan pitosterol seperti flavon, amilase, dan klorofil. Klorofil yang terkandung dalam daun rebung menunjukkan kemampuan dalam mengendalikan kanker. Rebung juga menandung zat alami fitokimia yang dipercaya dapat mencegah kanker dan mengurangi risiko pengerasan arteri.
    Secara khusus, rebung juga mengandung lignan yang dapat melawan kanker, bakteri, jamur dan virus. Asam fenolik juga ditemukan di rebung yang memiliki antioksidan dan anti-inflamasi .

    2. Membantu menurunkan berat badan
    Rebung dapat bermanfaat dalam proses penurunan berat badan, karena kandungan kalori, karbohidrat, gula, serta lemak dalam rebung sangatlah kecil, serta kaya akan serat yang membuat kita merasa lebih cepat kenyang jika mengkonsumsinya.
     
    3. Meningkatkan imunitas / Sistem kekebalan tubuh
     Tidak salah kalau rebung termasuk dalam daftar  makanan yang kaya nutrisi. Sebab di dalamnya banyak terkandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, riboflabin, thiamine dan asam folat. Selain itu rebung juga mengandung mineral yang di butuhkan oleh tubuh seperti kalsium, kalium, seng, tembaga, natrium dan zat besi. Semua kandungan tersebut diketahui sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.
     
    4. Membantu menurunkan kadar kolesterol
    Mengkonsumsi rebung berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan dapat juga menstabilkan kadar gula dalam darah karena kandungan kalori serta lemak yang hampir tak ditemukan dalam rebung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Park dan John di Washington State University menunjukkan bahwa konsumsi rebung memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus.

    5. Menjaga kesehatan jantung
    Dalam sebuah studi ditemukan bahwa kandungan pitosterol dan fitonutrien  dalam rebung dapat berguna untuk membantu melarutkan kolesterol jahat (LDL) yang berbahaya bagi tubuh, juga kandungan kalium dalam rebung dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

    6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    Berbagai kandungan seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang terdapat dalam manfaat rebung terbukti sangat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    7. Menyehatkan sistem pencernaan
    Dengan adanya kandungan serat makanan dalam rebung  yang tinggi  berarti tubuh mendapatkan serat dalam jumlah yang cukup jika mengkonsumsinya. Dimana serat merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat menunjang kelancaran sistem pencernaan dan menjaga kondisi usus agar tetap sehat. 

    8. Mengatasi gangguan pernafasan
    Kandungan nutrisi yang terdapat dalam rebung  diketahui sangat efektif terhadap gangguan pernapasan. Untuk mendapatkan manfaatnya yaitu dengan merebus tunas rebung selama dua kali perebusan. Saat perebusan pertama kita tunggu hingga mendidih selama kurang lebih 5 menit dan untuk perebusan yang kedua sekitar 10 menit. Tambahkan  madu secukupnya pada air rebusan tersebut.

    9. Detoksifikasi ( Mengeluarkan racun dari tubuh )
    Masyarakat India kuno telah menggunakan rebung sebagai penawar racun dan detoksifikasi, ekstrak rebung diyakini mampu mengeluarkan racun akibat gigitan binatang berbisa seperti gigitan ular dan sengatan kalajengking.

    10. Uterotonika ( Merangsang kontraksi uterus )
    Ekstrak rebung dipercaya dalam pengobatan China mampu menyebabkan kontraksi pada rahim. Oleh karena itu sering diterapkan sebagai suplement selama bulan terakhir kehamilan. Menurut sebuah penelitian yang disampaikan oleh Gruber dan O’Brien dari University of Vienna, dinyatakan bahwa rebung merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman yang telah terdaftar sebagai tanaman uterotonika.

     11. Melancarkan siklus menstruasi
    Mengkonsumsi rebung ternyata juga bermanfaat bagi para wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar, karena kandungan bahan alami di dalamnya membantu memperlancar siklus tersebut, sekaligus juga mengurangi rasa nyeri saat haid.

    12. Mengobati bisul
    Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Muniappan dan Sundararaj dari India dinyatakan bahwa rebung memiliki sifat alami sebagai agen anti-inflamasi dan sifat analgesik (menghilangkan rasa nyeri). Hal ini bisa digunakan  dalam proses penyembuhan kondisi seperti ulkus, luka luar, dan juga bisul.
     
    13. Mengobati gangguan pada perut
    Rebung serta daunnya memiliki kandungan senyawa kimia yang berguna untuk mengobati gangguan pada perut. Selain itu, daun rebung juga dipercaya dapat mengobati cacingan. 

    14. Untuk membersihkan luka
    Terdapat kandungan antiseptik dalam  rebung yang dipercaya mampu membersihkan luka, sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya iritasi dan peradangan nantinya.

    Demikian beberapa kandungan yang terdapat dalam rebung, serta manfaatnya bagi kesehatan kita semua. Jika kita rutin mengkonsumsi, insyaallah kita bisa terhindar atau sembuh dari berbagai macam penyakit yang telah disebutkan diatas dengan biaya yang sangat murah serta mudah mendapatkannya. Untuk sehat tidak harus mengeluarkan biaya yang besar kan?
    semoga bermanfaat.

    ( Sumber : dirangkum dari berbagai sumber )






  • No comments:

    Post a Comment

    Manfaat Pisang Untuk Meningkatkan Kualitas Seks Pria

     Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikenal di dunia. Dikenal dengan bentuknya yang khas, warna yang cerah, dan rasa yang...