2016-02-11

Khasiat Biji Anggur yang Sangat Hebat Bagi Kesehatan




Khasiat Biji Anggur Yang Sangat Hebat Bagi Kesehatan
Buah Anggur

Selama ini jika kita mengkonsumsi buah anggur, sebagian besar dari kita akan membuang bijinya, karena rasanya yang pahit serta ketidak tahuan kita akan manfaat serta kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, ternyata ada resep sehat konsumsi biji anggur yang sangat baik dan berkhasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit dari kolesterol sampai denga membunuh sel-sel kanker.

Buah anggur sendiri  sudah dikenal dan dikonsumsi sejak zaman pra histori. Buah ini telah ditanam sejak 5000 SM. Berbagai macam warna anggur yang ada yaitu merah, ungu, hijau serta kuning. Buah anggur sudah dikenal sebagai buah yang  kaya antioksidan, didalamnya mengandung vitamin C, provitamin A, vitamin B1, B2, serat serta kadar air tinggi, mineral besi, fosfor, kalsium, kalium serta lainnya.
Khasiat Biji Anggur Yang Sangat Hebat Bagi Kesehatan
Buah Anggur

Anggur dapat dimanfaatkan sebagai terapi kesehatan karena mengandung magnesium tinggi yang disebut elemen utama untuk gerakan feses yang baik., manfaat anggur lainnya yaitu dapat membersihkan racun – racun di dalam hati, menolong memperbaiki fungsi ginjal, pembentukan sel darah, antivirus serta antikanker, mencegah kerusakan gigi, serta menurunkan kadar kolesterol. Anggur berbentuk basa hingga bisa menetralkan darah yang terlalu asam yang merugikan bagi kesehatan badan.

Dari berbagai riset yang pernah dilakukan memperlihatkan biji anggur mengandung :
  • lemak
  • karbohidrat
  • protein
  • senyawa polifenol. 
Senyawa polifenol tersebut memiliki turunan berupa asam galat, catechin, epicatechin, gallocatechin, epigallocatechin, epicatechin, dan proanthocyanidins.Yang disebut terakhir bahkan memiliki sifat antioksidan yang  luar biasa. Kekuatannya mencapai 20 kali dan 50 lebih besar daripada vitamin E dan vitamin C. 

Beragam manfaat dari Buah anggur diantaranya yaitu :

Khasiat Biji Anggur Yang Sangat Hebat Bagi Kesehatan
Buah Anggur
1. kaya kandungan  zat besi serta gula di dalam buah anggur yang berkhasiatuntuk memperlancar aliran darah serta obat bagi  penderita liver, ginjal serta system pencernaan.

2. Anggur merangsang fungsi ginjal serta membantu mengeluarkan racun-racun ataupun ampas-ampas yang berpotensi mengganggu kesehatan tubuh lewat urin.

3. Membantu menurunkan tekanan darah. Beberapa penderita ulcer perut, migrain, radang sendi, radang usus kecil, rematik serta keracunan disarankan minum air juice anggur.

4. Menguatkan organ jantung, bermanfaat dalam mengobati bronchitis serta batuk, dan tingkatkan kecantikan kulit karena anggur membersihkan darah.

5. Meningkatkan produksi air susu. Kandungan beberapa unsur kimia yang ada dalam anggur bisa mengurangi kanker kulit.

6. Mengandung enzim yang berupa tonik yang berguna meningkatkan fungsi empedu.

7.  Kaya akan kandungan gizi, vitamin serta bahan – bahan metalik, gula serta air.

8.  Mencegah kanker dengan cara menghentikan penyebaran dari sel – sel kanker.
 
Khasiat Biji Anggur Yang Sangat Hebat Bagi Kesehatan
Buah dan Biji Anggur
Sedangkan Manfaat dari Biji Anggur antara lain :
Khasiat Biji Anggur Yang Sangat Hebat Bagi Kesehatan
Buah dan Biji Anggur
  • Kandungan gizi anggur terbanyak berasal dari biji dan kulit anggur. Riset membuktikan biji anggur merupakan sumber fitokimia, sedangkan kulit anggur adalah sumber antosianin.
  • Biji anggur memiliki senyawa pycnogenol yang dapat mencegah resiko serangan jantung melalui mekanisme perbaikan struktur pembuluh darah dengan membuatnya lentur. Pembuluh darah yang rapuh rentan mengalami sumbatan lemak dan kolesterol sehingga berujung kepada penyempitan pembuluh darah. Dosis konsumsi anggur (berikut bijinya) yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung yaitu  sebanyak 12—16 buah setiap 3—4 hari sekali.
  • Proanthocyanidins dalam biji anggur dapat memperbaiki elastisitas dan fleksibilitas kulit. Fungsi lainnya adalah melindungi tubuh dari kerusakan akibat terkena paparan sinar matahari.
  • Dari  hasil riset yang telah dilakukan Rajesh Agarwal dari University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences yang dipublikasikan dalam Journal Carcinogenesis, ternyata ekstrak dari biji anggur mampu membunuh sel kanker di leher dan kepala melalui mekanisme apoptosis yang menyebabkan sel-kanker melakukan bunuh diri dengan sendirinya.
  • Biji anggur berkhasiat juga untuk mengatasi kulit wajah yang kering, karena biji anggur mampu mengikat kelembaban kulit dan memperkuat fungsi lapisan kulit terluar, kandungan omega 3, 6 dan 9 yang terdapat pada biji anggur juga mengandung beberapa vitamin yang berfungsi utuk melembabkan dan meningkatkan sirkulasi draah serta memberi nutrisi dari dalam pada kulit kita.
  • Kandungan  proanthcoyanidins dalam biji anggur ternyata sangat efektif untuk menangkal radikal bebas 20 kali lipat jika dibandingkan dengan vitamin c dan 50 kali lipat jika dibandingkan dengan vitamin E, ini merupakan penangkal radikal bebas yang sangat baik.

Menurut The George Mateljan Foundation, buah anggur mempunyai nilai gizi yang sangat luar biasa. Dalam setiap 100 gr anggur paling tidak mengandung 25 komponen gizi yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan mineral dalam anggur yang bermanfaat untuk tubuh antara lain adalah mangan ( Mn ). Zat itu sangatlah dibutuhkan tubuh dalam sintesis energi untuk menjaga kestabilan gula darah, metabolisme lemak dan pembentukan jaringan ikat serta tulang.


  Sedangkan kekurangan asupan mangan bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Berikut adalah diantaranya: 

 -      Kegemukan
-          Intoleransi glukosa
-          Pembekuan darah
 -     Masalah kulit
-          Gangguan tulang
 -     Janin lahir cacat
 -     Perubahan warna rambut
 -     Gejala neurologis

( Sumber : wikipedia.org, academia.edu  serta beberapa sumber lainnya }


No comments:

Post a Comment

Manfaat Pisang Untuk Meningkatkan Kualitas Seks Pria

 Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikenal di dunia. Dikenal dengan bentuknya yang khas, warna yang cerah, dan rasa yang...