2016-02-11

KROKOT, Tanaman Liar Yang Kaya Manfaat.


KROKOT, Tanaman Liar Yang Kaya Akan Manfaat
Krokot

Krokot (Portulaca Oleraceae L )  merupakan tanaman liar dan tumbuh sebagai gulma yang banyak dan seringkali kita jumpai di pematang sawah, pekarangan rumah, pinggir-pinggir jalan dan di banyak tempat lainnya mulai dari dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1.800 m dpl dan selama ini banyak diantara kita yang meremehkan bahkan selalu dicabut karena dianggap merusak keindahan, ternyata menyimpan banyak resep sehat khasiat dari Nutrisi yang dikandung di dalamnya.
KROKOT, Tanaman Liar Yang Kaya Akan Manfaat
Krokot
Daun krokot kaya akan omega tiga (ω 3). Dalam 100 gram daun krokot segar mengandung kurang lebih
225 – 300 mg asam linolenat (ω 3, 18:3, ∆9,12,15). Senyawa ini dapat menurunkan kolesterol darah, karena omega tiga merupakan salah satu zat yang diperlukan untuk membuang kolesterol. Omega tiga juga dapat mencegah fatty liver (dalam hepar tertimbun lemak trigliserida), karena omega tiga diperlukan untuk membuat kulit (shell) dari VLDL, suatu lipoprotein yang mengangkut triasilgliserol dari hepar keseluruh tubuh.
Dalam satu cangkir daun krokot yang sudah direbus, mengandung 90 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU vit. A, dan beberapa asam amino yang berguna untuk kesehatan, Namun disamping itu, dalam satu cangkir daun krokot rebus tadi mengandung 910 mg asam oksalat, yang bisa menyebabkan kencing batu bagi mereka yang mempunyai resiko tinggi (ada riwayat keturunan yang terkena kencing batu).
Kandungan  kimia tanaman ini  antara lain : KCl, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, l-noradrenalin, noradrenalin, dopamin,dopa. Krokot juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, pyridoxine dan karotenoid, serta mineral diet, : seperti besi, magnesium, kalsium, kalium, dan mangan. Krokot mengandung 2 jenis pigmen betalain alkaloid dan beta – xanthins. Kedua jenis pigmen yang ampuh sebagai antioksidan dengan khasiat anti-mutagenik.
 
KROKOT, Tanaman Liar Yang Kaya Akan Manfaat
Krokot
Seluruh bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat, dari akar,batang, daun dan bunga.Krokot dapat dipakai sebagai obat alternatif baik dalam keadaan segar maupun dikeringkan terlebih dulu.Krokot yang digunakan dengan cara dikeringkan biasanya dilakukan dengan mencuci bersih krokot terlebih dahulu lalu menjemurnya kemudian digiling hingga menjadi bubuk. 

Manfaat Krokot Sebagai Tanaman Obat
Krokot bisa kita manfaatkan sebagai obat tradisional antaa lain sebagai obat cacing, mempercepat penyembuhan luka, pendarahan internal, bisul, jerawat, penawar toksin gigitan hewan, menangani peradangan internal serta infeksi dalam, radang perut serta ginjal, juga sebagai relaksan, serta pengatur desakan darah, dan bisa diberikan pada wanita menyusui untuk meningkatkan jumlah ASI. Berdasarkan riset tanaman ini berfungsi juga sebagai analgesik, antiinflamasi serta neuroprotektif (melindungi syaraf, menghindari dimensia serta kepikunan), radang payudara ( mastitis ), wasir berdarah ( hemorrhoidal bleeding ), anti

diabetes serta antioksidan. Selain itu biji dan buah krokot dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk  melegakan pernapasan bagi penderita Asma.

Cara Menggunakan Krokot sebagai Obat Tradisional :

Krokot untuk Sakit kuning serta untuk radang gusi
Herba krokot sebanyak 200 gram digodok, dinginkan airnya lalu minum. Lakukan hingga sakit mereda.

Radang akut usus buntu
Segenggam Krokot dicuci bersih, kemudian ditumbuk lalu peras airnya hingga terkumpul kurang lebih 30 ml. Tambahkan gula putih secukupnya serta air masak yang telah didinginkan sehingga jadi 100 ml lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

Disentri dan Maag.
Ambil sekitar 50 g Krokot segar diuapkan selama 3-5 menit, kemudian tumbuk halus serta diperas airnya hingga terkumpul sebanyak 150 ml, Minum air perasan krokot tersebut sebanyak 50 ml setiap kali minum, 3 kali sehari hingga sembuh.

Keputihan
200 g Krokot dicuci bersih, kemudian di jus , saring dan ambil airnya, lalu masukkan putih telur lalu ditim hingga matang, makan selagi hangat.

Ramuan untuk Mengobati Bisul
Untuk mengobati bisul , air rebusan krokot diminum sebagai the krokot setiap hari sebanyak sepertiga cangkir teh, hingga bisul mongering atau hilang.

Jantung Berdebar, gugup atau gelisah
Ambil sebanyak 4 batang tanaman krokot , cuci bersih lantas giling halus, tambahkan 1/2 cangkir air masak serta 1 sendok makan madu, diperas, saring lantas diminum airnya. Lakukan 2 kali sehari.

Borok, radang kulit
Herba krokot segar segenggam dicuci bersih, ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam. Oleskan pada bagian yang sakit.


Kencing Darah
Ambil sekitar 100 g Krokot serta 25 g Daun Sendok (Plantago mayor L.) di rebus , kemudian saring dan diminum airnya sampai sembuh.



Hasil Uji Klinis Tanaman Krokot sebagai Antioksidan :
Sebuah Penelitian yang dilakukan oleh Setyo Sri Raharjo,dr. MKes dan S. Andhi Jusup, dr, M.Kes dari Fak. Kedokteran UNS menunjukkan kemampuan Krokot sebagai antioksidan, berikut ulasannya:

Menggoreng dengan cara deep frying berisiko terbentuknya radikal bebas, dan penurunan kapasitas antioksidan, sehingga mengakibatkan kerusakan jaringan tubuh, antara lain penyakit kanker, inflamasi, aterosklerosis, proses penuaan, termasuk kerusakan sel liver. Krokot merupakan sumber antioksidan alami. Fungsi antioksidan ini terkait dengan asam lemak omega-3, alfa tokoferol, asam askorbat, beta karoten dan glutation yang dikandungnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui efek ekstrak daun krokot (Portulaca oleracea L.) sebagai anti oksidan alami terhadap kadar alanin transaminase (ALT) dan gambaran sel hepar tikus putih (Rattus novergicus L.) yang diberi minyak goreng deep frying.

Duapuluh lima ekor tikus setelah diadaptasi selama 7 hari dibagi menjadi 5 kelompok. Kemudian hari ke 8 sampai dengan hari ke 21 diberi perlakuan . Kelompok I di diberi aquades, kelompok II diberi minyak goreng deep frying, kelompok III diberi minyak goreng deep frying + vitamin C 18 mg/ekor/hari, kelompok IV diberi minyak goreng deep frying + ekstrak krokot 50 mg/ekor/hari, kelompok V diberi minyak goreng deep frying + ekstrak krokot 100 mg/ekor/hari Hari ke 22 semua sampel enzim liver (ALT), serta gambaran histologi sel hepar.

Dari hasil pemeriksaan ALT menunjukkan adanya perbedaan bermakna antara kelima kelompok perlakuan dengan p = 0,00. Hasil Post Hoc Test menunjukkan adanya perbedaan bermakna antata kelompok I (kontrol negatif) dengan kelompok II, III, IV, dan V (p = 0,00) serta antara kelompok II (kontrol positif) dengan kelompok V (dosis 2) dengan p = 0,05. Sedangkan hasil pemeriksaan histologi menunjukkan Kelompok II dan IV menunjukkan gambaran jaringan hati yang mirip dengan persentase nekrosis sel hati lebih kecil dari kelompok III, tapi masih lebih besar dari kelompok I. Uji Kruskall Wallis antar kelompok menujukkan hasil yang signifikan

Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat penurunan kadar ALT dan aktivitas hepatoprotektif oleh ekstrak daun krokot (Portulaca oleracea L.) yang diberi minyak goreng deep frying.




( Sumber : wikipedia.org serta dirangkum dari berbagai sumber )




  

No comments:

Post a Comment

Manfaat Pisang Untuk Meningkatkan Kualitas Seks Pria

 Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikenal di dunia. Dikenal dengan bentuknya yang khas, warna yang cerah, dan rasa yang...