2016-04-25

Khasiat Buah Asam Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Buah Asam Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Buah Asam ( en.wikipedia.org )
Buah Asam, yang memiliki nama latin Tamarindus indica dan termasuk dalam keluarga Fabaceae merupakan tanaman yang berasal dari Afrika dan banyak tumbuh di Indonesia , pohon ini biasanya ditanam sebagai pohon perindang di tepi jalan. Pohon Asam bisa mencapai 25 meter tingginya. Nama buah sama dengan rasanya, yaitu Asam.



Asam banyak digunakan sebagai bumbu masak oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan serta sering digunakan sejak jaman dulu sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional.

Daging buah asam berwarna putih saat masih muda, dan akan berubah menjadi kecokelatan setelah matang. Asam sering diolah lagi supaya bisa lebih tahan lama dan warnanya akan berubah menjadi kehitaman. Biasa juga disebut sebagai asam kawak.
Daging buah asam mengandung berbagai macam zat asam, antara lain asam tatrat, asetat, suksinat, malat dan sitrat. Zat-zat yang terkandung dalam asam ini berkhasiat sebagai pencahar, untuk melancarkan buang air besar dan peredaran darah. Kandungan flavonoid yang terdapat pada daunnya membuat daun asam  ini bisa digunakan sebagai antiradang dan menghilangkan rasa sakit.
Khasiat Buah Asam Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Buah Asam ( organicfacts.net )

Beberapa penyakit yang bisa diobati oleh Asam, diantaranya yaitu :
Eksim

Sering juga disebut eksema atau dermatitis. Penyakit ini menyerang jaringan kulit membuat kulit melepuh dan mengeluarkan nanah. Biasanya menyerang anak-anak yang kurang memperdulikan kebersihan.

Cara pengobatan :
Pengobatan dari dalam : Asam, temulawak dan gula aren secukupnya, kemudian Semua bahan ditumbuk dan direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu minum. Lakukan pengobatan ini sebanyak dua hari sekali.

Pengobatan dari luar :  1 genggam daun asam  yang masih muda dan rimpang kunyit sebesar ibu jari kemudian tumbuk sampai halus, lalu ditempelkan atau dibalurkan pada kulit yang sakit.


Disentri

Disentri berasal dari bahasa yunani yang berarti gangguan usus. Gejalanya yaitu perut mulas, buang air besar dan kadang bisa disertai darah dan lendir. Penyebabnya adalah bakteri dan amoeba.

Cara Pengobatan :
5 gram asam kawak dihaluskan, 10 gram kunyit dan 10 gram temulawak. Tambahkan secangkir air panas kemudian aduk hingga tercampur merata, setelah itu saring dan ambil airnya,  tambahkan 1 sendok makan madu murni. Aduk lagi sampai benar-benar tercampur kemudian diminum sekaligus pada pagi hari.


Difteri

Difteri adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Gejalanya yaitu sakit tenggorokan, demam, susah bernapas dan menelan, mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung, dan tubuh terasa sangat lemah. Jaman dulu penyakit ini tergolong sangat berbahaya dan sempat merenggut ribuan nyawa.

Cara Pengobatan :
5 gram lobak, 5 gram bawang merah, 5 gram kencur dan 10 gram daun pepaya muda. Semua bahan ditumbuk atau diblender hingga halus. Tambahkan asam , lalu seduh dengan segelas air panas. Gunakan ramuan tersebut  untuk berkumur hingga ke tenggorokan. Lakukan 3 kali sehari hingga sembuh.


Darah rendah
Disebut juga dengan istilah hipotensi, kebalikan dari hipertensi atau darah tinggi. 

Cara Pengobatan :
5 gram asam, 250 gram daun bayam, 10 gram gula aren, 50 gram bawang merah, 15 gram cabai rawit, serta garam dapur secukupnya.

prosesnya yaitu rebuslah daun bayam sampai setengah matang, tiriskan dan angkat daunnya. Kemudian Semua bahan yang lain diuleg sampai halus sebagai sambal. Dimakan pada waktu makan siang dengan nasi dari beras merah. Lakukan setiap hari. Lakukan sampai benar-benar normal kembali tekanan darahnya.

Ambeien
Cara Pengobatan :

1 gram asam jawa, 6 gram daun keji beling, 3 gram temulawak dan 6 gram meniran. Setelah dicuci bersih, semua bahan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Diamkan sampai dingin, kemudian saring airnya dan diminum rutin 3 kali sehari.


Demam setelah nifas

Nifas adalah keadaan darah yang keluar dari rahim setelah melahirkan, dan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan demam pada beberapa wanita.

Cara Pengobatan :
satu jari asam kawak dan gula aren secukupnya. Kemudian asam dan gula aren diseduh dengan satu gelas air panas. Diamkan sampai agak hangat, kemudian airnya diminum sekaligus. Lakukan pengobatan ini secara teratur dua kali sehari.


Menurunkan demam pada anak bayi

Cara Pengobatan :

Asam kawak dan kunyit masing-masing sebesar ibu jari, 5 lembar daun melati muda, dan 2 tangkai daun bawang. Semua bahan ditumbuk hingga halus. Tempelkan pada ubun-ubun bayi, dan biarkan hingga kering.


Menurunkan kadar kolesterol
Cara Pengobatan :

200 gram daun asam , tumbuk hingga halus. Tambahkan  segelas air panas dan tunggu sampai airnya hangat, Saring dan minum airnya sekaligus. Lakukan pengobatan rutin ini 3 kali sehari.


Nyeri haid

Cara pengobatan :
a. 1 genggam daun asam  yang masih muda dan 2 jari rimpang kunyit. Keduanya ditumbuk hingga halus lalu tambahkan setengah gelas air matang. Saring dan minum airnya.

b. setengah jari asam kawak, 10 potong temulawak, dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan tersebut dengan 1 gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum sekaligus. Lakukan selama satu minggu sebelum datang haid.

Peringatan: Wanita hamil dilarang minum ramuan asam kawak.


Sariawan

Cara pengobatan :
Satu genggam daun asam yang masih muda dicuci bersih dan 5 cm rimpang kunyit diiris tipis-tipis. Rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa hanya 2 gelas. Supaya terasa lebih enak, bisa ditambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan tersebut secara rutin setiap pagi dan sore masing-masing satu gelas.


Bisul

Cara Pengobatan :
5 gram asam kawak, 10 gram daun bayam duri, 10 gram daun kangkung dan garam secukupnya. Tumbuk daun kangkung dan bayam duri  sampai halus, tambahkan asam kawak dan garam secukupnya. Tempelkan ramuan tersebut pada bisul sampai menutupi permukaannya .

Jika ramuannya sudah kering, ganti dengan ramuan baru. Lakukan sampai bisul matang dan pecah sehingga cepat sembuh.


Asma

Cara Pengobatan :
2 potong kulit pohon asam  dan adas pulowaras secukupnya. Kemudian kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Tunggu hingga dingin kemudian Saring dan minum airnya sampai habis. Lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari.


Obat batuk kering
Cara Pengobatan :
a. 3 buah asam dan satu genggam daun saga. Rebus keduanya dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring airnya dan minum 2 kali sehari pagi dan sore secara rutin.

b. 2 gelas daun asam , 2 gelas daun saga, dan 5 cm kayu manis cina. Semua bahan dicuci bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa dua gelas. Saring airnya dan diminum pada siang hari. Lakukan secara rutin.


Obat sakit perut

Cara Pengobatan :
3 buah polong asam  yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Asam  dan kapur sirih ditumbuk hingga halus, lalu tuangkan minyak kayu putih dan aduk hingga rata. Balurkan ramuan tersebut dibagian perut yang sakit.


Mengobati keputihan
Cara Pengobatan :

Asam kawak sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas , 5 cm rimpang kunyit , dan gula aren secukupnya. Cuci sampai bersih daun beluntas dan kunyit, kemudian kupas kulit kunyitnya kemudian tumbuk keduanya sampai halus, seduh dengan 1/2 gelas air panas. Tambahkan asam dan gula aren, aduk hingga rata. Saring  lalu minum airnya setiap kali hendak tidur malam. Lakukan rutin tiap malam.

Mengobati gatal alergi dan biduran

Penyakit biduran dikenal juga dengan istilah kaligata, hives, atau urtikaria. Kulit yang terserang biasanya terasa gatal, kemerahan serta muncul tonjolan-tonjolan yang bisa menyebar dari satu titik ke titik lainnya. Penyebabnya bisa karena alergi atau disengat serangga, bulu ulat gatal juga bisa menyebabkan kondisi ini.

Cara Pengobatan :
3 buah asam , 1/4 sendok makan kapur sirih, dan garam secukupnya. Semua bahan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas saja. Setelah dingin airnya disaring dan diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.


Mengobati sakit panas

Cara pengobatan :

2 polong asam dan garam secukupnya. Seduh kedua bahan tersebut dengan segelas air panas,tunggu hingga airnya menjadi hangat lalu disaring dan diminum sekaligus selagi masih hangat. Wanita hamil dilarang minum ramuan ini!


Obat luka baru

Caranya pengobatan :
Daun asam secukupnya, cuci bersih dan kunyah daun tersebut kemudian tempelkan pada luka.


Rematik

Cara Pengobatan :
1 genggam daun asam dan 2-3 buah asam . Kedua bahan tersebut dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian pinggang yang sakit sambil diijit-pijit.


Mengobati borok

Cara Pengobatan :

Beberapa buah asam ditumbuk hingga halus.Kemudian ramuan tersebut ditempelkan pada bagian tubuh yang terkena borok lalu diperban. Ganti perban setiap 1 hari sekali.


Mengobati gatal pada bekas luka yang sudah kering

Cara pengobatan :
Rendam asam kawak dengan air matang sampai mengembang kemudian gosokkan pada bekas luka yang gatal. Cara lain yaitu haluskan 1 genggam daun asam dan kunyit secukupnya kemudian ramuan tersebut ditempelkan pada bekas luka yang terasa gatal.


Mengobati demam

Cara pengobatan :
1 genggam daun asam dan adas pulawaras secukupnya. Rebus kedua bahan tersebut dengan 1 liter air sampai tersisa setengahnya. Saring  dan minum airnya 2 kali sehari tiap pagi dan sore.


Bengkak akibat gigitan serangga
Cara pengobatan :
3 biji asam  ditumbuk sampai halus. Bersihkan bagian tubuh  yang bengkak dengan kain yang sudah diolesi dengan minyak kayu putih. Setelah itu tempelkan asam yang sudah ditumbuk halus pada bagian yang bengkak .


Mengobati gatal berupa titik-titik merah mengandung air
Cara Pengobatan :
Siapkan temulawak sebesar ibu jari, cuci bersih dan diiris tipis. Kemudian rebus dengan segelas air bersama gula aren sampai airnya hanya tersisa setengah gelas. Tambahkan asam kawak sebesar ibu jari kemudian aduk hingga rata. Saring  dan minum airnya sekaligus sampai habis.


Mengatasi bau anyir saat haid

Cara pengobatan :
Asam kawak sebesar ibu jari, 10 iris temulawak dan  gula aren diiris-iris secukupnya, setelah itu Seduh dengan air panas sebanyak satu gelas. Aduk-aduk hingga merata dan gula aren larut. Saring kemudian airnya diminum sampai habis. Lakukan rutin setiap hari selama masa haid.


Mengobati penyakit campak
Cara pengobatan :
Bahan-bahan yang diperlukan yaitu 3 gelas daun asam, 3 iris rimpang kunyit segar yang sudah dicuci hingga bersih, gula aren dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Tunggu hingga dingin, kemudian airnya disaring dan minum 2 kali sehari tiap pagi dan sore sampai sembuh.


Mengobati jerawat

Cara pengobatan :
Pengobatan dari dalam : 12 lembar daun sambiloto, 10 iris temulawak, 5 cm kencur, 1 sendok teh adas, dan 10 lembar daun jintan, semua bahan dicuci bersih, serta asam kawak sebesar ibu jari orang dewasa.
kemudian semua bahan ditumbuk sampai halus, dan tambahkan asam kawak. Seduh dengan 2 gelas air panas. tunggu hingga dingin, saring dan minum airnya 3 kali sehari.

Pengobatan dari luar : 3 buah asam diseduh dengan segelas air panas dan tunggu hingga dingin, saring airnya dan digunakan untuk cuci muka setiap pagi hari.


Mencerahkan kulit

Cara pembuatan :
Lumatkan daging buah asam dengan air hangat dan tambahkan sedikit bubuk kunyit lalu aduk-aduk sampai jadi adonan seperti lulur. Gunakan ramuan tersebut sebagai lulur, diamkan selama 15 menit agar nutrisi meresap. Kemudian bilas dengan air bersih.


Mengangkat sel kulit mati / Scrub

Buah asam  mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam. Caranya pembuatannya yaitu  daging buah asam dilumatkan dengan dicampur  sedikit garam dan yoghurt sampai jadi adonan seperti pasta. Adonan tersebut di oleskan pada wajah sebagai masker dan hindari daerah sekitar mata. Pijat perlahan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sampai sekitar 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.


Menghilangkan selulit

Cara pengobatan :
Asam dicampur dengan sedikit gula pasir, baking soda dan air perasan jeruk lemon kemudian aduk sampai benar-benar merata setelah itu oleskan pada kulit yang ada selulitnya, sambil diurut secara lembut dengan arah melingkar searah jarum jam setelah itu diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

( Sumber : dihimpun dari berbagai sumber )



No comments:

Post a Comment

Manfaat Pisang Untuk Meningkatkan Kualitas Seks Pria

 Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikenal di dunia. Dikenal dengan bentuknya yang khas, warna yang cerah, dan rasa yang...