2016-04-27

Daun Salam dan Khasiatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Daun Salam dan Khasiatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Daun Salam ( id.wikipedia.org )




Daun Salam ( Bay Leaf ) dengan nama Latinnya  yaitu Syzygium polyanthum  termasuk kedalam  Myrtaceae family , sangat banyak ditemukan baik di pekarangan rumah, kebun atau di pinggir jalan dan sejak dulu sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama ibu-ibu rumah tangga sebagai salah satu bahan masakan untuk menambah aroma dan cita rasa, ternyata, selain sebagai salah satu bumbu masakan, Daun salam juga banyak mengandung khasiat bagi kesehatan kita.
Berikut beberapa khasiat yang bisa didapatkan dari Daun Salam tersebut :


Daun Salam dan Khasiatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Daun Salam


Khasiat Daun Salam karena adanya kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Antara lain sebagai berikut :

    Antioksidan
    Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun salam mampu untuk mengobati beberapa   penyakit.

    Rutin, Salisilat, Asam Caffeic, dan Fitonutrien
    Empat kandungan tersebut diyakini mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke, serta mencegah penyakit kanker.

    Flavonoid
    Senyawa lain berupa flavonoid pada daun salam berfungsi untuk membantu menormalkan darah penyakit hipertensi.

    Asam Laurat
    Kandungan kimia asam laurat ini dimanfaatkan sebagai obat alami pengusir serangga.

    Vitamin
    Vitamin yang terkandung pada daun salam di antaranya :
    Vitamin A – Daun salam merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan menyediakan sekitar 6.185 IU (International Unit) atau 206% dari asupan harian vitamin ini.
    Vitamin C – Daun salam kaya akan vitamin C.  Dalam 100 gram daun salam segar terdapat sekitar 46,5 mg vitamin ini, yang setara dengan 77,5% kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA).
   

    Khasiat  Yang Terdapat Pada Daun Salam :
  
    Memberi Aroma pada Masakan
    Daun Salam, baik yang masih segar ataupun yang sudah kering, biasanya di masukkan ke dalam berbagai masakan dengan tujuan menambah aroma masakan lebih harum dan mengundang selera makan.

    Membersihkan dan Memutihkan gigi
    Daun salam dan kulit jeruk dijemur sampai kering, setelah itu ditumbuk sampai halus dan campurkan keduanya dengan air. kemudian aduk rata sampai berubah bentuk menjadi pasta dan gunakan secara rutin sebagai pasta gigi. 
     
    Mencegah Kanker
Daun Salam dan Khasiatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Daun Salam ( en.wikipedia.org )
    Asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang terdapat pada Daun salam mampu memberikan perlindungan dan  perlawanan terhadap berbagai jenis kanker. Daun salam juga  mengandung phytonutrient yang disebut parthenolide dan telah terbukti secara khusus menahan proliferasi sel kanker serviks.

     Menjaga Kesehatan Kardiovaskuler / Pembuluh Darah Jantung
    Senyawa yang yang terdapat dalam Daun Salam yaitu  rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah stroke dan senyawa Flavanoid  bermanfaat membantu menormalkan tekanan darah pada penderita hipertensi.
    Terapi pengobatan ataupun untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler dengan Daun salam yaitu Daun salam sebanyak 10 lembar di cuci bersih, kemudian direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih. Ramuan ini diminum saat masih hangat sebanyak 1 kali  sehari.

    Menjaga kesehatan pencernaan
    Kandungan vitamin serta mineral yang terdapat dalam daun salam dapat membantu memperlancar pencernaan, mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan lainnya.
    Untuk mengatasi diare caranya  yaitu beberapa lembar Daun Salam direbus dengan dua gelas air hingga mendidih dan campurkan dengan sedikit garam, setelah air rebusan tersebut menjadi hangat, minumlah secara teratur sampai diare anda sembuh.

   Mengobati Diabetes
   Daun salam berkhasiat secara efektif untuk terapi pengobatan diabetes tipe 2 , menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol dan trigliserida. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, daun salam bubuk  dikonsumsi secara rutin selama sekitar 30 hari. Zat Antioksidan yang terdapat pada daun salam membantu tubuh untuk memproses insulin, bermanfaat bagi penderita diabetes dan orang yang mengalami resistensi insulin.

   Meningkatkan Imunitas / Daya Tahan Tubuh
   Terdapatnya  kandungan berbagai jenis vitamin, termasuk vitamin C , membuat Daun Salam mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Anda dapat membuat minuman teh Daun Salam untuk menambah daya tahan tubuh anda.
   Cara pembuatannya:
   - Daun salam 30 lembar.
   - Cuci dengan air bersih dan rebus dengan air sebanyak kira-kira 4 gelas.
   - Tunggu sampai mendidih hingga tersisa sekitar 2 gelas air.
   - Diamkan sampai menjadi hangat.
   - Tambahkan Madu untuk menambah cita rasa Teh Daun Salam tersebut.
   - Sebaiknya diminum saat menjelang tidur.
  
   Mengobati Sakit Mata
   Air rebusan Daun Salam  juga bermanfaat untuk mengobati sakit mata dan menjaga kesehatan mata. Adapun cara mengobati sakit mata dengan daun salam yaitu air rebusan daun salam didiamkan sampai menjadi hangat kemudian usapkan pada mata yang sakit secara rutin setiap hari sampai sembuh.

   Pereda Rasa Sakit
   Minyak yang diekstrak dari daun salam mengandung sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit akibat keseleo, arthritis, rematik dan lainnya. Minyak daun salam juga bisa membantu meringankan migrain dan sakit kepala. Daun salam juga berfungsi meningkatkan peredaran darah. Bagi yang mengalami sakit nyeri sendi, daun salam dan daun jarak yang segar ditempelkan pada sendi yang sakit untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit tersebut.

   Mengobati Batuk
   Daun salam juga efektif dalam memerangi gejala pilek, flu dan infeksi.
   Untuk Pengobatan dari luar :
   Jika anda mengalami gangguan pernafasan, rebuslah air dengan 2 - 3 lembar Daun Salam. Kemudian rendamlah kain bersih dalam air rebusan dan letakkan di dada untuk meringankan flu, pilek dan batuk.
   Untuk Pengobatan dari dalam :
   -  7 lembar Daun Salam  kering, 3 sendok makan madu, dan 1 buah Jeruk  lemon atau bisa juga Jeruk Nipis.
   - Cuci bersih Daun Salam dan rebus dengan 2 gelas air.
   - Rebus air sampai  mendidih dan tunggu hingga rebusannya hanya tersisa 1 gelas.
   - Diamkan sampai hangat kemudian campurkan madu serta perasan air Jeruk Lemon atau Jeruk Nipis.
   - Minum secara rutin setiap hari sampai sembuh.

   Mengobati Gangguan Ginjal
   Khasiat Daun salam yang lain yaitu membantu mengobati infeksi pada ginjal bahkan juga mengatasi batu ginjal. Resep terapi pengobatan dengan Daun Salam ini hanya dengan merebus 5 gram daun salam dalam 200 ml air sampai air tersebut tinggal sekitar 50 ml. Setelah itu saring air rebusan tersebut dan minum 2 kali sehari untuk menghentikan pembentukan batu ginjal.

   Mengobati Asam Urat
   Makin menumpuknya kandungan zat purin dalam tubuh kita akan menyebabkan  asam urat. Daun Salam dalam hal ini juga bermanfaat untuk  mengurangi asam urat. Caranya yaitu cuci bersih sekitar 10 lembar Daun Salam  kemudian rebus dengan 10 gelas air sampai tersisahanya 5 gelas. Saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga hangat, dan minum air rebusan Daun Salam tersebut 2 kali sehari.

   Anti Nyamuk
   Daun salam ternyata juga merupakan obat nyamuk alami tanpa efek samping karena adanya kandungan asam laurat.  Oleskan minyak dari ekstrak Daun Salam ke bagian tubuh yang rawan terkena gigitan nyamuk gigitan serangga untuk mengurangi resiko diganggu serangga tersebut..

   Mengatasi Kutu Rambut
   Rebus sekitar 50 gram daun salam dalamn 400 ml air sampai tersisa 100 ml air. Saring air rebusan tersebut dan basuhkan pada rambut hingga ke akarnya, setelah itu diamkan selama 3 -i 4 jam dan bilas rambut sampai bersih, insyaallah kutu rambut akan cepat hilang.

   Mengatasi Masalah Ketombe dan Rambut Rontok
  -Rendam Daun Salam dalam air selama beberapa waktu, kemudian gunakan air rendaman tersebut pada rambut dan pijit-pijit secara lembut, ini merupakan terapi yang bagus untuk masalah rambut rontok.
  -Selain air rendaman Daun Salam, minyak Daun Salam juga berkhasiat sebagai tonik untuk rambut dan efektif mengatasi  ketombe serta rambut rontok.

   Menyegarkan Stres Pada Kulit Wajah
   Daun salam juga mampu membantu mengatasi masalah stres pada kulit wajah  dan mencegah keriput pada kulit wajah.
   Caranya yaitu : Rebuslah 5 daun salam kering dalam 2 gelas air dengan panci yang tertutup. Setelah mendidih, buka tutup panci tersebut dan biarkan mendidih sampai sekitar 2 menit. Setelah itu tuangkan rebusan yang mendidih tersebut ke dalam mangkuk besar kemudian tutup kepala anda dengan handuk supaya uap air rebusan tersebut mengenai wajah anda, setelah selesai, basuh wajah anda dengan air segar.

( Sumber : en.wikipedia.org  dan berbagai sumber lainnya )

No comments:

Post a Comment

Manfaat Pisang Untuk Meningkatkan Kualitas Seks Pria

 Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikenal di dunia. Dikenal dengan bentuknya yang khas, warna yang cerah, dan rasa yang...