2016-02-29

Berbagai Manfaat Buah Pace / Mengkudu Untuk Kesehatan



Berbagai Manfaat Buah Pace / Mengkudu Untuk Kesehatan
Pace/ Mengkudu
Berbagai Manfaat Buah Pace / Mengkudu Untuk Kesehatan
Pace/Mengkudu

Buah pace atau mengkudu banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara hingga kepulauan Hawaii, bentuk buahnya  agak lonjong dan berbintik dipermukaannya, dengan aroma dan rasa khas yang kurang sedap, membuat banyak orang kurang menyukai buah pace atau mengkudu ini . Secara umum, sebagian masyarakat memanfaatkan buah ini untuk bahan makanan seperti sayur, rujak dan juga jus.
Di dunia ini ada sekitar 80 macam mengkudu, namun yang bisa dikonsumsi oleh manusia hanya sebanyak 20 jenis saja. Sedangkan sekitar 60 jenis lainnya adalah racun dan jika dikonsumsi akan membahayakan tubuh. Buah pace bermanfaat untuk kesehatan karena kandungannya yang lengkap.
Kandungan Zat Dalam Buah Mengkudu
Pada Penelitian yang telah dilakukan NCCAM  yang mencakup studi tentang buah mengkudu sebagai anti kanker, menentukan keamanan dan potensi dampak pada tumor dan gejala, serta studi laboratorium efek mengkudu pada sel-sel kanker prostat.
Beberapa penelitian laboratorium menyebutkan, buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan, merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa buah mengkudu, menjamin penelitian lebih lanjut untuk kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.  Berikut ini berbagai macam zat yang terdapat dalam buah pace atau mengkudu :
Kandungan zat buah mengkudu sangat bermanfaat bagi tubuh, antara lain adalah sebagai berikut :
Berbagai Manfaat Buah Pace / Mengkudu Untuk Kesehatan
Pace/Mengkudu
  1. Zat Terpenoid .  Kandungan zat terpenoid pada mengkudu membantu proses sintesis organic yang berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.
  2. Kandungan Nutrisi . Secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
  3. Zat anti bakteri ( misalnya, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis)  Zat tersebut membunuh bakteri penyebab infeksi. Manfaat buah mengkudu juga berguna mengontrol bakteri mematikan seperti Pathogen. Hal ini membuat buah pace bisa membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Berikut ini berbagai macam bakteri yang bisa dibunuh menggunakan buah pace :
    • Pseudomonas aeruginosa.
    • E coli.
    • Bacillus subtilis.
    • Protens morganii.
    • Staphylococcus aureus.
    • Salmonella.
    • S. typhi.
    • Scotmuelleri.
    • Shigella dusenteriae.
    • S. pradysenteriae.
  4. Zat anti kanker .  Kandungan zat-zat anti kanker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal, yang menjadikan timbulnya masalah gejala kanker.
  5. Scolopetin. Scolopetin adalah sejenis senyawa yang bermnafaat untuk mengusir peradangan dan juga alergi.
  6. Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.
  7. Zat bioaktif.
  8. Zat iridoid.
  9. Serat.
  10. Metil.
  11. Asetil.
  12. Morindone.
  13. Asam kapril.
Ciri-Ciri Tanaman Pace atau Mengkudu
.
          

  1. Pohon. 
Pohon mengkudu tidak begitu besar, tingginya antara 4-6 m, dengan batang bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, dan memiliki akar tunggang yang tertancap dalam. Kulit batang cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan, berbelah dangkal, tidak berbulu,anak cabangnya bersegai empat. Tajuknya selalu hijau sepanjang tahun. Kayu mengkudu mudah sekali dibelah setelah dikeringkan. Bisa digunakan untuk penopang tanaman lada.

            2   Daun. 


Berdaun tebal mengkilap. Daun mengkudu terletak berhadap-hadapan. Ukuran daun besar-besar, tebal, dan tunggal. Bentuknya jorong-lanset, berukuran 15-50 x 5-17 cm. tepi daun rata, ujung lancip pendek. Pangkal daun berbentuk pasak. Urat daun menyirip. Warna hiaju mengkilap, tidak berbulu. Pangkal daun pendek, berukuran 0,5-2,5 cm. ukuran daun penumpu bervariasi, berbentuk segitiga lebar. Daun mengkudu dapat dimakan sebagai sayuran. Nilai gizi tinggi karena banyak mengandung vitamin A. yg katanya bisa menyembuhkan ambeien.

3.      Bunga. 

Bunga dari tanaman mengkudu majemuk, bunganya bulat. Tangkai bunga mengkudu sepanjang 4 cm. Bunga mengkudu diberi nama buah banci, bermahkota bunga putih, bentuknya menyerupai corong dan memiliki panjang 1,5 cm. Ada benang sari dan menancap di mulut mahkota. Putik bunga mengkudu tersebut berjumlah dua.

4.      Buah

Buah majemuk, terbentuk dari bakal-bakal buah yang menyatu dan bongkol di bagian dalamnya, perkembangan buah bertahap mengikuti proses pemekaran bunga yang dimulai dari bagian ujung bongkol menuju ke pangkal, dengan  diameter antara 7,5-10 cm. Permukaan buah majemuk seperti terbagi dalam sekat-sekat poligonal (segi banyak) yang berbintik-bintik dan berkutil, yang berasal dari sisa bakal buah tunggalnya. Warna hijau ketika mengkal, menjelang masak menjadi putih kekuningan, dan akhirnya putih pucat ketika masak. Daging buah lunak, tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida dengan daging buah berwarna putih, terbentuk dari mesokarp. Daging buah banyak mengandung air yang aromanya seperti keju busuk atau bau kambing yang timbul karena pencampuran antara asam kaprat (asam lemak dengan sepuluh atom karbon), C10), asam kaproat (C6), dan asam kaprilat (C8). Diduga kedua senyawa terakhir bersifat antibiotik aktif.




Berbagai Manfaat Buah Pace / Mengkudu Untuk Kesehatan
Pace/Mengkudu


Manfaat Pace / Mengkudu
Buah pace atau mengkudu mampu memperbaiki kesehatan tubuh, dengan kandungan zat dan nutrisinya yang banyak membuat buah mengkudu memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Berikut ini resep sehat dari berbagai macam khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi mengkudu atau pace.
Melancarkan Sistem Peredaran Darah
Zat scopoletin membantu pelebaran saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Disamping itu zat ini juga membantu proses peredaran darah ke seluruh jaringan tubuh menjadi lancar. Zat ini mampu membunuh berbagai macam bakteri dan sebagai anti-alergi.

Membunuh Bakteri Penyebab Infeksi
Zat anti bakteri dalam buah ini berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab infeksi dalam tubuh sekaligus mengontrol bakteri pathogen.

Mencegah Kanker
Terdapat unsur zat anti-kanker yang terbukti dalam menngatasi masalah kanker serta mengembalikan fungsi sel-sel yang abnormal. 

Meningkatkan Daya Imun / Kekebalan Tubuh
Zat nutrisi yang bersifat sebagai antioksidan sangat penting dalam menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit ringan ataupun berat.

Mengobati Batuk
Untuk meringankan sakit batuk berat yang menyiksa caranya yaitu merebus satu buah mengkudu masak dan 1/2 genggam daun poo ( bujanggut ) dalam  2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Air disaring dua kali, tunggu dingin lalu minum obat ini sehari dua kali sampai sembuh.

Mengobati Sakit Kuning
Dilansir dari situs kesehatan, mengkudu terbukti mengobati penyakit kuning.
Siapkan 2 buah mengkudu yang sudah masak dan 1 potong gula batu. Caranya buah mengkudu diperas lalu ambil airnya, lalu campurkan dengan madu aduk sampai merata dan saring. Minum dan diulangi dua kali sehari.

Berbagai Manfaat Buah Pace / Mengkudu Untuk Kesehatan
Pace/Mengkudu
Menurunkan Kadar Kolesterol
Buah mengkudu memiliki tingkat lipid abnormal dalam darah Anda yang tentu akan merupakan faktor risiko yang cukup kuat untuk penyakit kardiovaskular. Karena merokok dapat menyebabkan tingkat kolesterol tinggi dari stres yang bersifat oksidatif, peneliti melakukan penelitian untuk menguji efek dari  buah mengkudu. Penelitian  melibatkan 132 peserta perokok berat. Peserta minum jus  mengkudu atau plasebo selama sebulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minum 29-188 mililiter jus noni secara signifikan mampu mengurangi kolesterol  dan peningkatan kadar high density lipoprotein yang merupakan bentuk kolesterol yang baik.  Buah mengkudu juga mampu mengurangi low-density lipoprotein  yang merupakan bentuk  kolesterol buruk . Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam "The Scientific World Journal." Edisi 2012

Menurunkan Gula Darah
Penelitian yang dilakukan pada binatang menghasilkan hasil yang  cukup signifikan pada kontrol glukosa darah. Para peneliti dari University of the West Indies  yang melakukan penelitian tersebut menemukan bahwa buah mengkudu memiliki karakter mampu menurunkan kadar gula darah. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan pemberian ekstrak buah mengkudu terhadap  tikus yang mengalami diabetes selama 20 hari untuk mempelajari efek  terhadap tingkat  gula darah pada tikus. Dalam Studi ini diemukan bahwa buah mengkudu  sama efektifnya dengan obat diabetes dalam menurunkan gula darah. Hasil penelitian ini  dipublikasikan pada bulan Oktober 2010 di jurnal "Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine."

Mengurangi Ketombe Rambut
Rambut berketombe merupakan hal yang banyak dikeluhkan oleh banyak orang, terutama kaum perempuan. Untuk memberantas ketombe Anda bisa memilih mengkudu sebagai obat alami.
Berbagai Manfaat Buah Pace / Mengkudu Untuk Kesehatan
Pace/Mengkudu
Caranya yaitu siapkan 1-2 buah mengkudu masak yang telah dicuci bersih. Kemudian potong jadi 4 bagian merata, gunakan tiap bagian untuk menggosok kepala secara perlahan. Diamkan sejenak (10 - 15 menit) agar kandungan menyerap pada akar rambut, setelah itu cuci kepala dengan shampo sampai zat yang menempel terangkat bersih. Pengobatan ini bisa Anda lakukan seminggu 1 - 2 kali, jangan berlebihan.

Hipertensi
Ambil 2 buah mengkudu lalu diperas untuk diambil airnya. Kemudian campurkan dengan madu sampai merata dan saring. Minumlah dua kali sehari.

Sakit Perut
Ambil 2-3 lembar daun mengkudu kemudian daun ditumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam dan diseduh dengan air panas. Setelah dingin, saring dan siap untuk diminum.

Menghilangkan Sisik pada Kaki
Buah mengkudu yang sudah masak digosokkan pada bagian kaki yang bersisik hingga merata. Biarkan selama kurang lebih 5-10 menit. Kemudian bersihkan dengan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Demam (Masuk Angin dan Influenza)
Rebus satu buah mengkudu dan satu rimpang kencur dengan dua gelas air, masak hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas saja, lalu saring. Minum dua kali sehari pagi dan sore.

Selain itu, dalam situs  www.antaranews.com menyebutkan Hasil penelitian lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada menunjukkan mengkudu atau pace yang mengandung senyawa antihelmintik berpotensi mengobati toksokariasis.

"Toksokariasi merupakan salah satu infeksi yang umum dijumpai di masyarakat dunia terutama di negara berkembang. Penyakit ini disebabkan cacing toxocara canis pada anjing, toxocara cati pada kucing, dan toxocara vitulorum pada sapi," kata seorang mahasiswa Rosa Lakshita Nugrahani di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, infeksi parasit ini dapat menyebabkan kerusakan dan peradangan jaringan tubuh. Infeksi zoonosis itu masih banyak terjadi di Indonesia khususnya pada anak-anak.

Pengobatan toksokariasis biasanya dilakukan dengan pemberian obat cacing sintetik seperti Albendazole, tetapi penggunaan obat ini dapat menimbulkan gangguan saluran pencernaan (mual, muntah, diare) dan reaksi alergi.

"Kondisi itu lantas mendorong kami untuk mencari solusi dalam pengobatan toksokariasis. Akhirnya, kami menemukan cara yang terbukti ampuh dalam mengobati toksokariasis yaitu dengan memanfaatkan buah mengkudu atau pace," katanya.

Ia mengatakan mengkudu banyak dijumpai di Indonesia, tetapi belum banyak yang memanfaatkannya dan dibiarkan berjatuhan dan membusuk begitu saja. Padahal, mengkudu memiliki berbagai khasiat salah satunya bisa digunakan sebagai obat toksokariasis karena mengandung senyawa antihelmintik (obat cacing).

"Untuk mengetahui aktivitas antihelmintik pada buah mengkudu, kami melakukan uji terhadap lima kucing yang terkena toksokariasis. Sebelum mengaplikasikan pada kucing, kami terlebih dahulu mengolah mengkudu hingga menjadi ekstrak," katanya.

Menurut dia, kucing itu selanjutnya dicekoki ekstrak mengkudu yang telah dilarutkan dengan aquades. Pemberian ekstrak mengkudu dilakukan dua kali dalam dua minggu.

Hasil uji coba terhadap kucing diketahui bahwa dengan pemberian ekstrak mengkudu bisa menekan perkembangan telur cacing toxocara cati. Ekstrak mengkudu dibuat dalam empat konsentrasi yaitu 40 persen, 60 persen, 80 persen, dan 100 persen.

"Hasil optimal diperoleh dengan pemberian ekstrak mengkudu sebanyak 100 persen. Setelah hari ke-3 pemberian 100 persen ekstrak mengkudu, sama sekali tidak terdapat telur toxocara dalam feses kucing," katanya.

Ia mengatakan penggunaan buah mengkudu sebagai obat toksokariasis itu aman bagi manusia karena berasal dari bahan alam sehingga minim efek samping. Selain itu juga aman dikonsumsi bagi ibu hamil.

"Pada beberapa obat cacing di pasaran bersifat bahaya jika dikonsumsi ibu hamil, tetapi mengkudu aman dan tidak berbahaya bagi kandungan. Mengkudu telah terbukti mampu menekan pertumbuhan cacing toxocara pada kucing," katanya.

Meskipun demikian, kata dia, ke depan perlu penelitian lanjutan pemanfaatan ekstrak mengkudu sebagai obat toksokariasis.

"Masih perlu dilakukan berbagai penelitian lanjutan. Salah satunya untuk menentukan dosis yang tepat bagi manusia," kata Rosa.

Empat mahasiswa lain yang terlibat dalam penelitian itu adalah Deny H Tambunan, Puspita Dewi Fortuna, Iqbal Fathurahman, dan Ni Made ALW. 
Editor: Tasrief Tarmizi
Berbagai Manfaat Buah Pace / Mengkudu Untuk Kesehatan
Pace/Mengkudu
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Efek Samping Buah Mengkudu
Disamping manfaat yang terdapat dalam buah pace atau mengkudu, terdapat juga efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak aman atau berlebihan.
Hindari mengkonsumsi buah mengkudu jika Anda memiliki masalah ginjal atau sedang menjalani diet kalium terbatas, hal tersebut seperti di rekomendasikan oleh National Center for Complementary and Alternative Medicine. Noni kaya akan kalium dan dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan Anda. Selain itu,terdapat  laporan kasus yang menunjukkan efek yang merugikan terhadap hati.  Ada baiknya untuk menghindari  mengkonsumsi  buah mengkudu atau jika Anda memiliki masalah dengan hati atau sedang menggunakan  obat  gangguan fungsi hati sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda menggunakannya. Buah mengkudu dapat berinteraksi negatif terhadap  obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi dan blood thinner coumadin. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum Anda menggunakan mengkudu sebagai obat alternatif. 

( Sumber : id.wikipedia.org ,  www.unilever-science.com , www.antaranews.com )







No comments:

Post a Comment

Manfaat Pisang Untuk Meningkatkan Kualitas Seks Pria

 Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikenal di dunia. Dikenal dengan bentuknya yang khas, warna yang cerah, dan rasa yang...