2016-02-04

Khasiat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Khasiat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Buah Zaitun
Khasiat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Pohon Zaitun

Buah Zaitun (Olea europaea) dihasilkan dari pohon  yang mempunyai bunga yang berbentuk seperti lonceng, pohon ini pendek dan gemuk dengan tinggi antara sekitar 8-15 m, khusus varietas pisciottana dapat tumbuh lebih besar dan tinggi.  Pohon ini banyak diketemukan di Afrika, kawasan Mediterania, Mesir, China, Semenanjung Arab, Yunani dan beberapa tempat lain di dunia. Warna daunnya hijau keperakan dengan bentuk lonjong dengan panjang 4-10 cm dan lebar 1-3 cm. Buah muda yang dihasilkan dapat dimakan mentah ataupun
diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas untuk diambil minyaknya.
Khasiat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Buah Zaitun
Pohon Zaitun ini mulai berbuah saat berumur lima tahun , pohon ini mampu hidup selama ribuan tahun, seperti yang pernah ditemukan di Palestina, pohon zaitun dengan umur sekitar 2000 tahun. Zaitun sudah bisa dipanen pada waktu masih hijau hingga berwarna ungu.
Zaitun Dalam Islam
Zaitun adalah pohon yang diberkati. Allah SWT telah bersumpah dengannya, dalam surat At-Tin (95:1-2); “Demi tin dan zaitun. Dan demi bukit Sinai”
Khasiat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Buah Zaitun
Allah SWT juga memujinya dalam Surah An-Nur(24:35) ; “…yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi. Yaitu pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur dan tidak pula di sebelah barat. Minyaknya saja hampir-hampir menerangi walaupun tidak disentuh api”
Dalam tafsir Al-Qurtubi disebutkan bahwa Ibnu Abbas berkata, “pohon Zaitun mengandung berbagai manfaat. Minyaknya digunakan sebagai bahan bahar lampu dan juga untuk lauk dan lulur. Kayu dan arangnya digunakan sebagai kayu bakar. Tidak ada satu bagian pun dari pohon ini yang tidak berguna, bahkan abunya bisa dimanfaatkan untuk mencuci sutera. Ia merupakan pohon pertama yang tumbuh di bumi dan sekaligus pohon pertama yang tumbuh setelah banjir besar di zaman nabi Nuh. Ia tumbuh di tanah para Nabi dan tanah suci. Tujuh puluh nabi telah mendoakannya agar diberkati, antara lain Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW tatkala memanjatkan doa: Allahumma barik fiz-zayt waz-zaytun (Ya Allah, berkatilah zait dan zaitun). Beliau mengucapkannya dua kali.
Allah berfirman dalam surat At-Tin (95:1-4): “Demi buah Tin dan Zaitun. Dan demi kota (Mekah) ini yang aman. Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”.
Khasiat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Buah dan Minyak Zaitun
Diriwayatkan dari Umar bin Khattab RA. bahwa Rasullullah SAW bersabda: “Makan dan berminyaklah dengan zaitun karena ia berasal dari pohon yang diberkati (HR. Tirmidzi)”.
Diriwayatkan dari Zaid bin Arqam RA. bahwa Nabi SAW bersabda, “Zaitun dan waras bermanfaat untuk mengobati radang selaput dada (dzatul janbi:pleurisy).”
Qatadah berkata,”Caranya dengan membalur bagian dada yang mengalami sakit.
Anas bin Malik RA.  berkata; “Rasulullah SAW meminyaki rambut, menyisir jenggot, dan membalur wajah dengan zaitun, seakan-akan pakaian beliau adalah pakaian tukang minyak.” (HR. Tirmidzi dalam Asy-Syama’il, no. 32).
Ibnul Qayyim dalam kitab Zadul Ma’ad berkata, “Minyak Zaitun bisa menutup pori-pori tubuh dan mencegah zat yang masuk melaluinya. Jika digunakan setelah mandi air panas, minyak zaitun akan memperbaiki dan melembabkan badan. Jika digunakan sebagai minyak rambut, akan menjadikan rambut indah dan panjang. Minyak Zaitun juga berkhasiat untuk mengobati campak dan berbagai penyakit lainnya.”
Ibnu Abbas berkata, “Jika orang yang berihram mengalami pecah-pecah di tangan atau kaki, hendaklah mengolesnya dengan minyak zaitun dan minyak samin.”
Imam Bukhari meriwayatkan bahwa Ibnu Umar RA biasa berminyak dengan zaitun ketika ihram (Fathul Baari, III/463)

Kandungan lemak yang ada pada 100 gram minyak zaitun yaitu 100 gram. Walau tinggi lemaknya, minyak zaitun terus sehat lantaran cuma 14 % dari lemak ini berjenis lemak jenuh. Bekasnya yaitu lemak tidak jenuh yang  bermanfaat bagi kesehatan.  Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan vitamin E, vitamin K, omega-3 serta omega-6.
Khasiat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Minyak Zaitun
 Minyak zaitun  itu memiliki kandungan kombinasi antioksidan yang bisa turunkan kandungan kolesterol tidak baik (LDL), namun masih tetap menjaga kandungan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda. Bila Anda mau coba turunkan cholesterol menggunakan minyak zaitun, Anda dapat konsumsi satu atau dua  dua sendok makan minyak zaitun setiap pagi sebelum sarapan. Anda juga dapat mencampurkannya dengan salad.
Beberapa jenis Minyak Zaitun
Minyak zaitun digolongkan berdasarkan sistem ekstraksi serta kandungan keasamannya. Jenis  minyak zaitun paling baik yaitu extra virgin. Type itu diekstrak langsung dari buah zaitun dan didapat dari perasan pertama. Kandungan keasaman extra virgin hanya sekitar 1 persen. Kemudian minyak zaitu dengan kualitas dibawah extra virgin yaitu  minyak zaitun virgin yang memiliki  kandungan asam 3persen.
Selain dua jenis diatas, ada juga jenis fino. Type itu didapatkan dari kombinasi extra virgin serta virgin. Ada juga pure zaitun yang diperoleh dari gabungan minyak  zaitun jenis virgin yang sudah di proses serta extra virgin, kemudian yang paling bawah adalah light zaitun, yang  melalui sistem saring yang akhirnya merubah warna minyak zaitun.
Berapakah Lama Minyak Zaitun Dapat Disimpan?
Ada produk minyak zaitun yang bertahan tiga bulan setelah  produksi. Tetapi ada pula yang dapat bertahan hingga dua tahun.  Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya anda mengkonsumsi minyak zaitun dalam masa 6 bulan, simpan ditempat yang gelap dan jauhkan dari sinar matahari, bisa juga disimpan dalam lemari es
Dalam hasil riset yang telah dipublikasikan dalam jurnal ‘Molecular and Cellular Oncology’. Disebutkan bahwa Minyak Zaitun dapat membunuh sel kanker dalam waktu 30 menit.
Minyak zaitun mempunyai senyawa yang di kenal juga sebagai oleocanthal, yang dengan cara efisien bisa menghancurkan sel-sel kanker juga efektif untuk pengobatan beberapa penyakit yang lain.


Kandungan oleocanthal yang terdapat dalam minyak zaitun tersebut menggunakan enzim dari sel kanker untuk melawan diri mereka sendiri. Bekas dari beberapa sel kanker dilepaskan oleh senyawa itu. Untuk menghindar kanker, dianjurkan mengkonsumsi minyak zaitun  setiap hari.
Hasil lain yang didapat dari riset itu yaitu, diketemukan sel alkalizing yang bisa meningkatkan  kesehatan kita.
Berikut Beberapa Resep Sehat Dari Minyak Zaitun Untuk Kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung
Mengonsumsi minyak zaitun 1-2 sendok makan perhari. Kandungan lemak tak jenuh dan antioksidan dalam minyak ini secara tidak langsung akan menjaga kesehatan jantung anda.

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL
Apabila kada kolesterol jahat dalam tubuh anda tinggi, anda dapat mengonsumsi minyak zaitun secara rutin guna mengatasinya karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Untuk Menurunkan berat badan
Apabila anda ingin menurunkan berat badan, anda dapat mulai mengonsumsi minyak zaitun 1-2 sendok makan setiap harinya. Namun konsumsi minyak ini 2 jam sebelum makan.

4. Mencegah kanker
Kerusakan sel dapat memicu terjadinya kanker, untuk mencegahnya anda dapat mengonsumsi minyak zaitun secara rutin karena dalam minyak ini terkandung Polyphenol, yakni antioksidan.

5. Mencegah osteoporosis

Minyak zaitun dapat membantu penyerapan kalsium sehingga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

6. Mengatasi rambut rontok
Jika anda mempunyai masalah dengan kerontokan rambut, silahkan coba campurkan minyak zaitun kurang lebih 2 sendok makan dengan sekitar 1 sendok makan minyak kelapa, kemudian itu balurkan pada rambut anda sambil dipijit-pijit. Setelah  beberapa saat ,bilas rambut dengan air sampai benar-benar bersih. Kombinasi minyak zaitun dengan minyak kelapa ini dapat menekan hormon DTH penyebab rambut rontok.

7. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
Bibir kering dan pecah-pecah dapat disebabkan karena berbagai faktor. Nah untuk mengatasinya anda dapat mencoba mengoleskan minyak zaitun pada bibir anda.

8. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya:
  1. Mengurangi dan memulihkan radang sendi
  2. Menurunkan kadar glukosa dalam darah
  3. Penangkal radikal bebas
  4. Memperbaiki kualitas ASI
  5. Mengurangi risiko terserang kanker rahim, colon, kulit dan lambung
  6. Mengobati penyakit wasir
  7. Membasmi kutu di rambut

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan:

1. Menghambat  proses penuaan dini
Pemecahan asam lemak tertentu dapat mempercepat proses penuaan dini. Namun kandungan antioksidan dan Vitamin E dalam minyak zaitun dapat mengatasinya.

2. Mengatasi wajah berminyak
Produksi minyak berlebihan pada kulit wajah dapat memicu timbulnya berbagai masalah seperti komedo dan jerawat. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan minyak zaitun dengan cara dijadikan masker. Langkah pertama campurkan minyak zaitun dengan bubuk cendana, setelah itu oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit barulah bilas wajah dengan air dingin.

3. Mengangkat kotoran di wajah
Kotoran di wajah juga dapat memicu timbulkan komedo, jerawat, dan wajah kusam. Apabila anda ingin mengatasinya dengan minyak zaitun caranya cukup mudah, pertama basuh wajah anda terlebih dulu dengan air hangat setelah itu oleskan minyak zaitun dan biarkan selama 5 menit, setelah itu basuh wajah dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

4. Menghilangkan strech mark / garis-garis kerutan di kulit
Apabila anda mempunyai strech mark, anda dapat menghilangkannya dengan cara mengoleskannya pada tempat yang ada strech mark tersebut. Lakukan rutin  selama dua kali dalam seminggu dan hasilnya strech mark anda akan hilang karena minyak zaitun ini dapat membantu meregenerasi kulit.

5. Melembabkan kulit wajah
Apabila kulit wajah anda kering, anda dapat melembabkannya dengan minyak zaitun. Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan kuning telur dan 1 sendok makan madu murni. Setelah semua bahan tercampur rata kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit barulah bilas wajah dengan air hangat.



Demikian beberapa manfaat dari minyak zaitun yang dapat kami rangkum, dan sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya yang bisa kita dapatkan dari minyak zaitun ini. 

Sumber : ( wikipedia.org , minyakzaitun.org dan berbagai sumber lainnya )

No comments:

Post a Comment

Manfaat Pisang Untuk Meningkatkan Kualitas Seks Pria

 Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikenal di dunia. Dikenal dengan bentuknya yang khas, warna yang cerah, dan rasa yang...