2016-05-03

Tips Cantik Alami dan Awet Muda


Tips Cantik Alami Dengan Ramuan Tradisional
Cantik Alami
Kecantikan dan Keindahan kulit merupakan impian semua wanita, untuk itu banyak wanita tidak segan-segan mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan kecantikan dan keindahan kulit serta perawatan untuk memelihara kecantikan tersebut.
Sebetulnya untuk bisa tampil cantik dan berseri dengan kulit yang indah tidak harus keluar biaya yang besar, karena banyak tanaman, buah atau sayuran yang sering kita gunakan sehari-hari ternyata bermanfaat untuk perawatan wajah dan kulit sehingga bisa tampil cantik.
berikut beberapa bahan-bahan alami beserta caa perawatan wajah dan tubuh untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Peterseli

Peterseli mempunyai kemampuan untuk mengencangkan kulit yang kendur dan menyamarkan flek hitam pada wajah.

Caranya yaitu : Rendam beberapa genggam peterseli dalam air secukupnya, diamkan beberapa saat smbil diremas-remas untuk mengeluarkan ekstraknya, kemudian saring dan campurkan dengan 2 sdt air perasan lemon dan bekukan sebagai es batu. Gunakan es batu tersebut untuk membersihkan wajah setiap pagi.

2. Grape Stone Oil ( Minyak Biji Anggur )
Karena banyak mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan alami. Grape stone oil ini sangat bagus digunakan untuk perawatan wajah yang berfungsi menyehatkan, menyegarkan dan mencegah wajah dari penuaan dini. Cara penggunaannya yaitu : teteskan sebanyak 2-3 tetes minyak biji anggur tersebut pada facial cream anda seblum anda menggunakan facial cream tersebut.

 3. Beras
Beras juga mempunyai manfaat selain sebagai makanan pokok, yaitu bisa digunakan sebagai masker pemutih wajah. Caranya yaitu : Rendamlah segenggam beras dan diamkan selama 1 malam. Setelah itu beras ditumbuk halus atau bisa juga diblender hingga menjadi tepung beras.  Ambil 2 sendok makan tepung beras tersebut dan campur dengan 1 sendok makan madu murni, aduk sampai rata dan gunakan sebagai masker. Diamkan sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil lebih maksimal, lakukan selama 2-3 kali seminggu.

 4. Tomat
Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada buah tomat ini, bermanfaat juga sebagai perawatan wajah untuk mencegah penuaan dini, mencerahkan wajah dan menjaga kesehatan kulit wajah.
Pilih Tomat yang segar dan berwarna merah sebanyak 3 buah, masukkan tomat sampai benar-benar terendam air semuanya dalam air mendidih selama sekitar 3 menit. Kemudian haluskan tomat tersebut dan oleskan masker secara merata pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dulu, hindari daerah sekitar mata. Diamkan selama sekitar 15 menit, dan kemudian bilas dengan air bersih. Tomat bisa juga langsung dihaluskan dan digunakan sebagai masker tanpa harus merebusnya terlebih dulu.

5. Alpukat
Alpukat telah lama diketahui sangat bagus untuk menjaga kelembaban kulit .

Cara penggunaan : Ambil daging buah alpukat yang sudah matang dan hancurkan sampai lembut dan oleskan sebagai masker secara merata pada wajah anda, Diamkan sekitar 20 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air hangat.

6. Madu
Madu berkhasiat untuk membuat kulit lebih lembut dan cerah. Oleskan madu tanpa campuran apapun pada wajah dan tubuh, diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

7. Pisang
Pisang bermanfaat untuk melembabkan berbagai jenis kulit wajah. Pilih pisang yang sudah masak dan memiliki bintik-bintik hitam pada kulitnya, hancurkan sampai lembut dan tambahkan dengan madu untuk mendapatkan hasil yang lebih, oleskan merata pada wajah dan diamkan selama sekitar 15 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat.

8.  Air Jeruk Lemon
Kandungan Vitamin dan antioksidan yang tinggi, membuat lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Gunakan air perasan lemon yang dicampur dengan air secukupnya dan oleskan ke kulit sebelum tidur malam. Fungsinya untuk menyembuhkan jerawat serta mengangkat sel-sel kulit yang telah mati.

9. Lidah Buaya
Lidah buaya mampu melembabkan dan mencerahkan kulit yang kering dan kusam, serta meremajakan lagi kulit wajah sehingga terlihat selalu segar. Disamping itu, Jely lidah buaya bisa melindungi kulit dari sengatan matahari, menyembuhkan luka bakar , mengobati jerawat, digigit serangga ataupun luka bakar. Cara penggunaannya yaitu : belah 1 batang daun lidah buaya, ambil daging dalamnya dan hancurkan hingga menjadi bubur seperti jely, dan oleskan pada kulit yang dimaksud, diamkan sekitar kurang lebih 20-30 menit, dan bilas dengan air bersih.

10. Bengkuang
Bengkuang banyak mengandung vitamin B1 dan vitamin C. Bengkuang bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam pada wajah dan mampu memutihkan wajah secara alami.
Caranya :
Kupas beberapa buah bengkuang kemudian diparut dan diperas airnya. Diamkan air perasan bengkuang tersebut selama kurang lebih 25 menit sampai terdapat endapat didasar tempat menampung air perasan bengkuang tersebut.
Kemudian, ambil endapan dari air perasan tersebut untuk dijadikan masker pemutih wajah alami atau penghilang flek hitam pada wajah. Oleskan sampai merata pada wajah, diamkan hingga kering dan terasa kaku, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain yang halus.

11. Nanas
Nanas banyak mengandung Vitamin C dan antioksidan, sehingga efektif dalam perawatan kecantikan dan mencegah penuaan dini.

Cara membuat ramuan : Kupas dan bersihkan 1 buah nanas, lumatkan  buah nanas tersebut dan oleskan pada wajah, tunggu selama sekitar 15-20 menit sampai kering, kemudian cuci wajah anda dengan air hangat.

12. Minyak Kelapa
Banyak khasiat yang terdapat dalam minyak kelapa, salah satunya adalah untuk perawatan kecantikan wajah alami, melembabkan kulit kering, menyegarkan dan mengencangkan kulit wajah sehingga kelihatan segar berseri..
Caranya : Hangatkan minyak kelapa dan oleskan ke seluruh wajah secara merata, dan pijat sambil diurut dengan lembut supaya meresap kedalam kulit. Diamkan selama sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

13. Daun sirsak
- Mencegah Penuaan Dini
Buah sirsak kaya akan asam askorbat dan vitamin C . Kedua zat tersebut merupakan zat antioksidan sehingga bisa membantu merawat kulit wajah, mengurangi garis-garis keriput, meminimalisir tanda-tanda penuaan dan sebagainya.

- Mencegah Kerontokan Rambut
Jika anda rutin mengkonsumsi buah sirsak, salah satu manfaat yang akan anda dapatkan adalah rambut yang sehat dan kuat.

- Mengatasi Kutu Rambut
Caranya yaitu :
Lumatkan daun sirsak dan usapkan secara merata ke selutruh rambut sampai mengenai kulit kepala, pijit dengan lembut kemudian tutup kepala anda dengan rambut serta biarkan selama sekitar 30 menit, Setelah itu bilas hingga benar-benar bersih.

- Anti Ketombe
Daun sirsak mengandung zat yang bersifat anti parasit. Oleskan daun sirsak yang sudah dilumatkan pada bagian kepala yang berketombe untuk mengatasi kulit kepala yang gatal, kering dan berketombe.

14. Kopi
Selain biasa dikonsumsi sebagai minuman yang menyegarkan, kopi bermanfaat pula untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit. Berikut beberapa macam manfaat kopi :

  - Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat
1 sdm bubuk kopi dicampur dengan baby oil, oleskan ke wajah secara merata dan pijat pelan-pelan dengan lembut. lakukan secara rutin setiap hari sampai bekas jerawat menghilang.

- Mengencangkan Kulit Wajah
Setelah selesai minum kopi bubuk, ampasnya jangan dibuang, sebab ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk mengencangkan kembali kulit wajah yang mulai mengendur, dengan cara oleskan endapan minuman kopi tersebut ke wajah anda, gunakan sebagai masker. Bisa juga digunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, caranya yaitu campur bubuk kopi dengan putih telur, aduk hingga merata dan menjadi kental seperti krim dan gunakan sebagai masker wajah.

- Sebagai Moisturizer/ Pelembab Wajah
Campurkan ampas kopi sebanyak 2 sdm dengan 1 sdm bubuk coklat. Gunakan sebagai masker wajah, diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain yang halus.

- Scrub Mandi untuk Menghaluskan Kulit Tubuh
Oleskan bubuk kopi pada seluruh tubuh anda pada saat mandi, dan gosok-gosokkan pada tubuh sebagai scrub kulit. Bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati dan kotoran yang menempel di tubuh, sehingga kulit menjadi lebih cerah dan segar.

15.  Strawberi
Banyak manfaat yang akan didapatkan ketika anda mengoleskan strawbery yang sudah di hancurkan ke wajah secara merata, selain menyerap kelebihan minyak di wajah serta menyegarkan wajah, berikut beberapa manfaat yang akan anda dapatkan :

 - Mencegah Penuaan dini pada wajah
    Tanda-tanda penuaan dini pada wajah dapat diatasi dengan buah strawbery, karena masker dari bahan buah strawberry mampu mengencangkan kulit wajah, menjadikan lebih halus dan menghilangkan kerutan-kerutan.
 
Mengangkat sel kulit mati
    Kandungan asam salisilat dan asam alpha-hidroxic yang terdapat pada buah strawbery mampu membersihkan penumpukan sel kulit mati.

Membersihkan wajah
    Buah strawbery juga bisa digunakan sebagai scrub wajah untuk membersihkan kulit wajah dengan cepat dan maksimal.

- Mencerahkan kulit wajah
    Akibat kandungan vitamin C pada buah strawbery yang sudah diketahui  sebagai pencerah kulit secara alami.

Mencegah jerawat
    Kandungan anti oksidan dan vitamin yang terdapat dalam buah strawberry efektif mengatasi masalah kulit berminyak dan mencegah jerawat.

   16. Gula
Gula bila dicampur dengan minyak zaitun dan minyak esensial, dapat berfungsi sebagai scrub bisa digunakan menjadi scrub. Gosokkan tiga campuran tersebut ke seluruh badan untuk mengangkat sel kulit mati  dan kulit Anda pun akan halus, cerah dan sehat.

17. Mentimun
- Menghilangkan Noda Hitam Pada Wajah
 Parutlah ketimun dan gunakan sebagai masker wajah, masker ketimun ini  juga bisa mengatasi masalah jerawat, keriput serta masalah kulit lainnya.

- Membantu Peremajaan Kulit
 Buah mentimun di blender dan tambahkan beberapa tetes air jeruk lemon, gunakan sebagai masker wajah untuk memperbaiki kulit yang kusam serta membuat wajah kembali cerah.

- Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Kelopak Mata
 Mata yang lelah karena kurang istirahat, akan menimbulkan lingkaran hitam disekeliling mata, yang tentunya mengurangi kecantikan dan keindahan kulit wajah. Ini bisa diatasi dengan menempelkan irisan ketimun yang dibentuk bulat pada kelopak mata anda dan diamkan selama sekitar 20 menit, adanya kandungan antioksidan dan silika pada ketimun sangat membantu memudarkan lingkaran hitam tersebut yang diakibatkan karena kelelahanempatkan irisan mentimun pada mata juga bisa mengurangi munculnya lingkaran hitam dengan cepat. Banyaknya kandungan antioksidan dan silika dalambuah ini dapat meremajakan kulit dan memudarkan lingkaran hitam pada mata.

18. Susu dan Madu
Ingin mempunyai kulit tubuh yang halus, lembab dan cerah? Gunakanlah campuran madu, susu dan minyak esensial sebagai sabun mandi alami. Gosokkan ramuan dari ketiga bahan tersebut pada seluruh badan kemudian bilas sampai bersih.

19. Garam
Garam selain sebagai bumbu dapur, juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit. Berikut manfaat yang bisa diperoleh dan cara perawatan kecantikan tersebut :

-Scrub Wajah
 Campurkan garam dengan minyak facial untuk digunakan sebagai scrub wajah, berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kerutan pada wajah. Penggunaan scrub tadi dengan mengoleskan pada wajah secara merata dan dipijiat dengan lembut serta diamkan selama 5-10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

-Menghilangkan Jerawat
Jerawat adalah salah satu musuh wanita yang mengganggu penampilan, untuk menghilangkan jerawat yang membandel caranya yaitu larutkan garam secukupnya pada air hangat, kemudian gunakan kapas untuk mengoleskan larutan tersebut pada wajah yang berjerawat atau mengalami radang akibat jerawat. Diamkan selama beberapa menit kemudian cuci wajah dengan air bersih.

-Sebagai Pelembab Bibir
Pada musim kering atau panas yang terik, kadangkala bibir kita menjadi kering, solusi untuk mengatasinya adalah dengan oleskan dan pijat lembut bibir yang kering dengan campuran garam dan vaselin, setelah itu bersihkan dengan kapas atau kain lembut yang sudah dibasahi dengan air.

- Menguapi Wajah
Gunanya untuk membuka pori-pori kulit wajah untuk membersihkan wajah dari kotoran, caranya dengan memanaskan air secukupnya dan masukkan sekitar 1 sendok makan garam, kemudian tutup kepala kita dengan handuk, supaya uap air garam tersebut menerpa wajah kita. Lakukan selama sekitar 5-10 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air dingin.

- Menghilangkan Stress Pada Kulit Wajah
Campurkan garam dengan air hangat, kemudian oleskan pada wajah menjelang tidur malam. Berfungsi untuk membuat wajar kelihatan lebih segar pada keesokan harinya, karena garam mampu menenangkan kulit.

- Sebagai Toner Wajah
Air garam bisa mengurangi kelebihan minyak pada wajah yang berminyak. Gunakan sebagai toner wajah, lakukan secara teratur.

- Air Garam Mampu Mengelupas Kulit Mati
Campuran air garam dan minyak zaitun akan membuat kulit wajah menjadi segar dan cerah, serta mengurangi keriput pada wajah. caranya, campuran air garam dan minyak zaitu tersebut dioleskan secara merata pada wajah, dan pijat dengan lembut. Lakukan secara rutin.

20. Kunyit
Kunyit sudah sejak lama digunakan untuk bumbu dapur dan juga sebagai terapi pengobatan herbal, dan ternyata kunyit juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang berguna untuk menghilangkan keriput, mengatasi masalah jerawat termasuk bekas jerawat serta mencerahkan kulit wajah.
Caranya yaitu Parut kunyit secukupnya dan campurkan dengan 1 sendok madu, oleskan secara merata pada wajah sebagai masker. Diamkan selama sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

 21. Wortel
Buah wortel juga bisa digunakan sebagai masker wajah untuk mengatasi kulit wajah yang kusam dan terbakar sinar matahari.
Wortel jika dicampur dengan madu dan yoghurt akan memberikan nutrisi pada kulit, sehingga akan mencerahkan dan melembutkan kulit wajah.
Caranya yaitu : 2 buah wortel yang sudah dihaluskan dicampur dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok makan yoghurt, aduk sampai merata, kemudian oleskan ramuan tersebut pada wajah dan lakukan pemijatan ringan dan lembut ke arah atas, setelah itu diamkan kurang lebih 15 menit, dan cucilah wajah dengan air bersih.

Sumber : Dihimpun dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Manfaat Pisang Untuk Meningkatkan Kualitas Seks Pria

 Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikenal di dunia. Dikenal dengan bentuknya yang khas, warna yang cerah, dan rasa yang...